Cara Menaikkan Battery Health iPhone 6, 6S, 7, 8, X, XR, XS, 11, 12

Battery Health atau Kesehatan Baterai merupakan salah satu fitur penting pada iPhone yang digunakan untuk memantau kesehatan komponen Baterai, yakni Kapasitas Maksimum (Maximum Capacity) dan Kemampuan Kinerja Puncak (Peak Performance Capability) Baterai.


Kapasitas Maksimum atau Maximum Capacity mengindikasikan daya maksimal yang masih dapat ditampung oleh Baterai. Sebab seperti yang diketahui bahwa Baterai akan mulai kehilangan kemampuan dalam menampung daya maksimal sesuai spesifikasinya seiring dengan bertambahnya umur Baterai.

Sedangkan menu Kemampuan Kinerja Puncak atau Peak Performance Capability menampilkan kondisi serta status kemampuan Baterai dalam menyuplai kebutuhan daya bagi iPhone.

Mengapa Battery Health/Kesehatan Baterai iPhone itu Penting?


Seiring dengan berjalannya waktu dan penggunaan, unsur kimia pada Baterai akan mengalami pengurangan kemampuan dalam menyimpan daya. Hal inilah yang menjadikan Baterai akan semakin boros setelah bertahun-tahun digunakan dan perlu diganti.

Sebagai contoh, kapasitas baterai iPhone yang masih baru mampu menampung daya maksimal sebesar 3.000mAh (Battery Health = 100%). Namun, seiring dengan penggunaan dan bertambahnya umur, kemampuan Baterai dalam menyimpan daya berkurang misalnya menjadi hanya 2.850mAh (Battery Health 95%).

Tentu dengan pengurangan kemampuan menyimpan daya maksimal tersebut, Baterai akan menjadi lebih boros karena daya tampung maksimal/aslinya yang sudah berkurang.

Meski begitu umumnya Battery Health akan mengalami penurunan selama bertahun-tahun sampai perlu untuk diganti. Namun, apabila Battery Health dibiarkan terus menurun drastis melewati batas yang disarankan (yakni 80%), maka akan timbul kecenderungan iPhone menjadi lebih boros Baterai, nge-lag, hingga yang terburuk iPhone tidak bisa digunakan lagi sampai Baterainya diganti.

Lalu adakah cara untuk menaikkan/menambah Battery Health iPhone?

Cara Menaikkan Battery Health iPhone


Sebelumnya perlu diketahui bahwa penurunan kondisi Battery Health iPhone bersifat Permanen. Untuk menaikkan atau mengembalikan Battery Health iPhone menjadi 100% kembali, yang perlu dilakukan adalah mengganti komponen Baterai dengan yang baru dan resmi dari Apple.

Meski begitu pengguna dapat mencoba mengkalibrasi ulang laporan tersebut yang mungkin akan menambah angka Battery Health. Tetapi ingat, jika berhasil, cara penambahan ini bukan karena unsur kimia pada Baterai yang berubah, namun hanya laporan yang diberikan oleh sistem, entah karena sebelumnya laporan tidak akurat, bug, dan lain sebagainya.

1. Update ke iOS versi Terbaru

iOS versi Terbaru umumnya hadir dengan pengoptimalan dan perbaikan. Tidak jarang pengguna melaporkan bahwa Battery Health di iPhone mereka berubah setelah mengupdate ke iOS versi terbaru. Perubahan ini bisa saja menaikkan Battery Health namun tidak menutup juga yang terjadi malah sebaliknya.

2. Kalibrasi Kesehatan Baterai

Melalui iOS 14.5 Apple merilis fitur Kalibrasi Kesehatan Baterai/Battery Health. Fitur ini secara otomatis akan mengkalibrasi ulang laporan Battery Health yang tidak akurat. Dari pengalaman Admin sendiri, fitur ini berhasil menaikkan laporan Kesehatan Baterai di iPhone 11 Admin dari yang tadinya 99% menjadi 100% kembali.

Namun sayangnya sampai postingan ini ditulis fitur Kalibrasi Kesehatan Baterai hanya tersedia bagi pengguna iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Meski begitu tidak menutup kemungkinan fitur ini juga akan hadir untuk model iPhone lainnya.


3. Kalibrasi Baterai Secara Manual

Kalian dapat mencoba kalibrasi Baterai secara manual dengan harapan bahwa laporan mungkin akan berubah. Caranya yakni silakan gunakan iPhone hingga baterainya benar-benar habis, kemudian isi daya baterai hingga benar-benar penuh dan jangan gunakan iPhone saat proses pengisian daya berlangsung.

4. Reset iPhone ke Pengaturan Pabrik

Cara ini akan mengembalikan iPhone ke pengaturan pabrik serta menghapus seluruh data-data. Jadi jika ingin melanjutkan silakan backup seluruh data-data penting dan perlu diketahui bahwa tidak ada jaminan cara ini dapat bekerja menaikkan Battery Health.

Sekali lagi bagi yang ingin melanjutkan silakan backup terlebih dahulu data-data penting pada iPhone sebab seluruh data nantinya akan terhapus. Kemudian buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone lalu pilih Hapus Konten & Pengaturan.

Bagi yang ingin merestore/mereset iPhone secara total (clean install), Admin menyarankan metode iTunes + IPSW. Berikut tutorialnya: Cara Download, Install dan Restore IPSW / Firmware iOS iPhone

5. Ganti Baterai

Ya, apabila seluruh cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil, mengganti Baterai pada iPhone ke yang baru dan resmi merupakan cara satu-satunya untuk mengembalikan Battery Health menjadi 100 kembali.

Mengapa disarankan Baterai yang resmi dari Apple? sebab pada umumnya iPhone tidak dapat membaca dengan benar Battery Health pada komponen Baterai yang tidak resmi.

Penggantian Baterai ini disarankan apabila Battery Health telah menunjukkan angka di bawah 80%.

Menjaga Battery Health iPhone agar Tidak Cepat Menurun


Menaikkan Battery Health merupakan hal yang sulit bahkan hampir mustahil dilakukan tanpa mengganti komponen Baterai dengan yang baru. Beberapa faktor lainnya yang menyebabkan Battery Health iPhone lebih cepat menurun diantaranya seperti, jumlah pengisian daya yang sudah cukup banyak serta panas berlebih pada Baterai.

Nah, saat ini solusi yang terbaik adalah mencegah agar Battery Health tidak cepat menurun agar iPhone dapat digunakan secara optimal dalam jangka waktu yang panjang. Kalau begitu langsung saja simak tips-tips-nya berikut ini.

  • Selalu gunakan Charger yang asli dan berkualitas
  • Hindari menggunakan iPhone hingga Baterainya benar-benar habis/kosong
  • Hindari menggunakan iPhone secara berlebihan ketika sedang dicharge
  • Kurangi panas berlebih pada Baterai seperti memainkan iPhone di lingkungan yang teraliri udara sejuk
  • Segera charge iPhone ketika Baterai menunjukkan angka 20%
  • Kurangi kecerahan layar untuk Menghemat Baterai
  • Apabila iPhone sedang tidak terlalu dibutuhkan, charge hingga sekitar 80% saja

Battery Health iPhone umumnya akan mengalami penurunan sebesar 5 hingga 10% setiap tahunnya tergantung model iPhone. Semakin baru model iPhone semakin canggih teknologi yang diusung sehingga dampak penurunan Battery Health biasanya tidak akan terlalu terasa.


Beberapa iPhone yang sudah memiliki teknologi canggih dalam penanganan dampak Battery Health seperti iPhone 8/8 Plus, iPhone X, iPhone Xr, iPhone XS/XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro/Pro Max, iPhone SE Gen-2, iPhone 12, iPhone 12 Mini/Pro/Pro Max.

Sisanya seperti iPhone 6/Plus, iPhone 6S/Plus, iPhone SE Gen-1, serta iPhone 7/Plus, dibutuhkan perawatan ekstra untuk mencegah agar Battery Health tidak menurun dengan cepat.

Baik, itu saja informasi cara menaikkan Battery Health di semua iPhone yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang mau menambahkan? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.