Cara Setting iPhone Agar Tidak Lemot/Lambat

Tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan bahwa iPhone mereka semakin melambat/lemot, misalnya membutuhkan waktu agak lebih lama ketika membuka aplikasi, animasi menjadi agak lag, dan lain sebagainya.


Nah, khusus pada postingan kali ini Admin akan membagikan beberapa Settingan/Pengaturan yang dapat kalian coba untuk mengatasi iPhone agar tidak lemot atau setidaknya menguranginya. Terutama bagi iPhone yang sudah berusia lama dan telah mengalami penurunan performa yang cukup signifikan.

Kalau begitu, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Nonaktifkan Konektivitas yang Tidak Digunakan

Sering membiarkan konektivitas seperti Bluetooth, WiFi, atau Data Seluler dalam keadaan menyala ketika sedang tidak digunakan? untuk menghemat baterai dan meningkatkan performa iPhone disarankan untuk menonaktifkan konektivitas yang sedang tidak dibutuhkan.

Nonaktifkan GPS/Layanan Lokasi

Layanan Lokasi pada iPhone memang cukup penting, misalnya untuk Find My iPhone dan digunakan oleh aplikasi untuk menentukan lokasi pengguna.

Namun GPS/Layanan Lokasi ini diketahui dapat menguras baterai serta mengurangi kinerja iPhone yangs udah berusia lama. Untuk itu pertimbangkan untuk menonaktifkannya dan menggunakannya ketika diperlukan saja.

Untuk menonaktifkan GPS/Layanan Lokasi iPhone silakan buka aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi.


Nonaktifkan Backup Data Otomatis

Ketika terhubung ke jaringan WiFi, secara otomatis iPhone akan mulai membackup data-data seperti Foto ke layanan iCloud.

Tidak jarang proses Backup otomatis ini cukup berdampak memperlambat kinerja iPhone yang sudah berusia lama, untuk itu kalian dapat mencoba menonaktifkan fitur Backup Otomatis ini melalui aplikasi Pengaturan > (akun iCloud: ID Apple, iCloud, Media & Pembelian) > iCloud > Cadangan iCloud. Khusus untuk Foto/Video dapat ditemukan pada menu Foto.

Nonaktifkan Update Otomatis Aplikasi dan iOS

Sama seperti di atas, umumnya iPhone akan mendownload dan mengupdate otomatis aplikasi maupun iOS yang tersedia. Berikut cara menonaktifkannya:

  • Update Aplikasi Otomatis: Pengaturan > App Store
  • Update iOS Otomatis: Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembaruan Otomatis

Nonaktifkan Segarkan App di Latar (Background App Refresh)

Dengan aktifnya fitur Segarkan App di Latar/Background App Refresh maka aplikasi dapat menyegarkan kontennya di latar belakang. Fitur ini dapat menguras baterai serta kinerja iPhone, untuk itu silakan nonaktifkan melalui Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar.


Nonaktifkan Fetch dan Push Akun

Fetch dan Push merupakan fitur pada akun yang digunakan untuk memeriksa pembaruan secara otomatis (misalnya Email) dan mengambil data baru tersebut di latar belakang.

Untuk menonaktifkannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Mail > Akun > Ambil Data Baru lalu nonaktifkan Push dan atur Fetch ke Manual.

Nonaktifkan Pelacakan Kebugaran

iPhone memiliki sensor atau fitur yang digunakan untuk memperkirakan gerakan tubuh, langkah kaki, dan lain sebagainya. Apabila kalian tidak menggunakan fitur ini ada baiknya dinonaktifkan saja untuk meningkatkan kinerja iPhone dan menghemat baterai.

Untuk menonaktifkannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Privasi > Gerakan & Kebugaran.

Nonaktifkan Bagikan Analisis iPhone

Pengguna dapat membantu Apple untuk meningkatkan produk dan layanannya dengan mengirimkan laporan data diagnostik serta penggunaan harian secara otomatis.

Untuk menonaktifkannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Privasi > Analisis & Peningkatan.

Nonaktifkan Angkat-Bangun (Raise to Wake)

Angkat-Bangun atau Raise to Wake merupakan fitur pada iPhone yang memungkinkan pengguna untuk membangunkan layar iPhone dengan cara mengangkatnya. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua model iPhone memiliki fitur ini.

Untuk menonaktifkannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.


Nonaktifkan Dengarkan "Hey Siri" dan Saran Siri

Siri merupakan Virtual Assistant pada iPhone yang dapat membantu pengguna melakukan beragam aktivitas dengan perintah suara.

Siri dapat mendengarkan dan merespon perintah suara kapanpun apabila pengguna mengaktifkan fitur Dengarkan "Hey Siri", namun sayangnya fitur ini diketahui cukup menguras daya baterai serta berdampak pada kinerja iPhone.

Di sisi lain pengguna juga direkomendasikan untuk menonaktifkan fitur Saran Siri. Siri dapat menganalisis bagaimana kalian menggunakan iPhone untuk menyediakan saran dan hasil pencarian. Menonaktifkan fitur ini mungkin dapat membantu mengurangi beban kinerja iPhone.

Gunakan Wallpaper Diam dan Nonaktifkan Zoom Perspektif

Wallpaper iPhone umumnya (default) dapat bergerak sedikit mengikuti pergerakan iPhone. Fitur ini mungkin banyak tidak disadari, meski begitu bagi iPhone yang sudah berusia lama dan mengalami penurunan performa yang signifikan, menonaktifkan fitur ini dapat meningkatkan kinerja iPhone.

Caranya silakan pilih Wallpaper yang akan digunakan, apabila menggunakan Wallpaper bawaan iPhone pilih yang mode Diam. Jika sudah saat akan mengatur Wallpaper silakan nonaktifkan Zoom Perspektif dengan cara tap pada icon yang terdapat di tengah bawah Wallpaper, contohnya bisa dilihat melalui gambar di bawah berikut.


Kurangi Efek Transparansi

Fitur ini tidak akan terlalu berpengaruh pada iPhone keluaran terbaru, sebut saja iPhone 7, 8, X, Xr, Xs, 11, 11 Pro, SE Gen-2, 12, 12 Pro atau lebih baru lainnya. Beberapa model iPhone yang sudah berusia lama cukup berpengaruh terhadap fitur Efek Transparansi ini, yakni untuk mengurangi Lag pada tampilan dan animasi, contohnya ketika membuka Control Center atau berpindah aplikasi.

Untuk mencobanya, kalian dapat masuk ke aplikasi Pengaturan > Akasesibilitas > Layar & Ukuran Teks lalu nyalakan fitur Kurangi Transparansi.

Kurangi Efek Gerakan

Hampir sama seperti di atas, beberapa model iPhone yang sudah berusia lama cukup berpengaruh terhadap pengurangan efek gerakan ini, yakni untuk mengurangi efek gerakan saat berpindah aplikasi.

Untuk mencobanya silakan buka aplikasi Pengaturan > Akesibilitas > Gerakan lalu aktifkan menu Kurangi Gerakan.

Bagaimana Apakah ada Perubahan yang Terjadi?

Setelah mengikuti cara-cara di atas apakah terjadi perubahan pada performa iPhone yang jauh lebih baik/tidak lemot lagi? jika tidak, tidak terlalu, atau ya, kalian dapat mengikuti saran selanjutnya berikut ini.

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Membiarkan aplikasi yang tidak digunakan di iPhone, khususnya aplikasi yang sering mengirimkan update seperti Sosial Media, Portal Berita, dan lain sebagainya, dapat menurunkan kinerja iPhone.

2. Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan Layar yang telalu terang/tinggi berdampak pada penggunaan baterai yang jauh lebih banyak serta layar yang menjadi lebih cepat panas.

3. Update ke iOS versi Terbaru

iOS versi Terbaru umumnya lebih dioptimalkan sehingga dapat meningkatkan kinerja iPhone, khususnya iPhone yang sudah berusia lama. Jadi, disarankan untuk mengupdate ke iOS versi terbaru apabila tersedia, melalui Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

4. Cek Kesehatan Baterai iPhone

Buka aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Apabila Kapasitas Maksimum telah menunjukan angka jauh di bawah 80% dan terdapat pesan peringatan lainnya yang menunjukkan kondisi Baterai yang mulai bermasalah dan perlu diganti. Maka mengganti baterai dengan yang baru dapat menormalkan kembali performa dan kinerja iPhone.

5. Reset iPhone Kembali ke Pengaturan Pabrik

Nah, apabila bersedia kalian juga dapat mencoba mereset iPhone kembali ke Pengaturan Pabrik. Namun ingat, cara ini akan menghapus seluruh data-data pada iPhone dan tidak ada jaminan juga bahwa cara ini akan berhasil.

Sebelum melanjutkan backup dulu data-data penting pada iPhone! kemudian masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone lalu pilih menu Hapus Konten & Pengaturan untuk menghapus dan mengembalikan iPhone ke Pengaturan Pabrik.

Pertimbangkan untuk Upgrade!

Cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil? apabila iPhone yang kalian gunakan sudah berusia cukup lama, sebut saja seperti iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6, atau iPhone 6 Plus, pertimbangkan untuk menyisihkan uang upgrade ke iPhone yang lebih baru dengan harga yang relatif terjangkau seperti iPhone Xr atau langsung ke iPhone 11.

Baik, itu saja informasi cara setting/mengatur iPhone agar tidak lemot, lambat, dan ngelag. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang punya trik mempercepat iPhone agar tidak lemot? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya..