Penyebab iPhone Panas Saat Dicharge dan Cara Mengatasinya

Tidak sedikit pengguna yang melaporkan bahwa iPhone mereka menjadi cukup hangat atau bahkan panas ketika sedang dicharge. Normalnya, iPhone memang akan sedikit menghangat ketika dicharge, namun kembali lagi, semua tergantung beragam faktor.

Fast Charging


Fast Charging atau Pengisian Daya Cepat merupakan salah satu faktor yang umumnya menyebabkan iPhone menjadi cukup panas ketika dicharge, terutama untuk iPhone keluaran terbaru seperti iPhone 8, X, XR, XS, 11, 11 Pro, SE, 12, 12 Pro, 12 Mini, dan seterusnya.

Panas berlebih yang dihasilkan ketika menggunakan Fast Charging adalah hal yang normal. Tidak hanya iPhone, melainkan hampir semua Smartphone juga mengalami hal yang sama.

Beberapa adaptor Fast Charging yang tersedia untuk iPhone dimulai dari ukuran 18 W, 20 W, 29 W, 30 W, 61 W, 87 W, dan 96 W. Untuk jajaran iPhone 12 setidaknya dibutuhkan adaptor berukuran 20 W untuk dapat menggunakan Fast Charging.

Tipsnya!

  • Jangan menggunakan iPhone secara berlebihan ketika dicharge
  • Lepas case iPhone selama dicharge
  • Pastikan iPhone teraliri udara segar

Fast Charging sendiri biasanya akan membatasi pengisian daya hingga baterai mencapai 80% untuk mencegah kerusakan pada Baterai. Nah, maka dari itu biasanya setelah daya baterai mencapai 80% ke atas, iPhone akan dingin kembali karena kecepatan pengisian daya sudah diturunkan atau tidak lagi fast charging.

Menggunakan iPhone Sambil Dicharge

Menggunakan iPhone sambil dicharge dapat membebani kinerja iPhone, terutama apabila digunakan untuk keperluan yang menguras daya dan performa yang cukup banyak. Misalnya, bermain game dengan tingkat grafik yang tinggi, melakukan panggilan video call, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, disarankan untuk tidak menggunakan iPhone secara berlebihan ketika sedang dicharge.

Menaruh iPhone di Tempat yang Panas


iPhone memang akan sedikit menghangat ketika dicharge, apalagi jika menggunakan Fast Charging.

Menaruh iPhone di tempat yang panas ketika dicharge, misalnya dekat dengan mesin pemanggang/kompor, sauna, terkena paparan sinar matahari langsung, dan lain sebagainya, dapat secara signifikan meningkatkan panas pada iPhone, bahkan ketika tidak dicharge sekalipun.

Maka dari itu disarankan untuk menaruh iPhone di tempat yang teraliri udara segar/sejuk terutama ketika sedang dicharge, agar iPhone tidak menjadi terlalu panas. Selain itu melepas case adalah salah satu pilihan yang bisa diterapkan untuk mengurangi panas selama pengisian daya berlangsung.

Sumber Pengisi Daya yang Buruk

Sumber pengisi daya atau charger iPhone berkualitas rendah juga tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan iPhone menjadi ekstra panas ketika dicharge.

Pastikan untuk selalu menggunakan charger atau power bank yang asli dan berkualitas, serta hindari mengisi daya iPhone di sembarangan sumber.

Tips Agar iPhone Tetap Dingin


Berikut adalah beberap tips yang dapat kalian coba agar iPhone tidak cepat panas dan tetap dingin/normal:

  • Kurangi kecerahan layar saat digunakan
  • Sebisa mungkin hindari menggunakan iPhone ketika sedang dicharge
  • Aktifkan Mode Daya Rendah (Low Power Mode) ketika iPhone dicharge untuk mengurangi aktivitas di latar belakang
  • Rutin update ke iOS versi Terbaru
  • Lepas case iPhone selama dicharge agar panas berlebih dapat dialirkan ke udara lebih efektif
  • Hindari menaruh iPhone di tempat yang terpapar panas berlebih, terutama di bawah paparan sinar matahari langsung
  • Gunakan case yang tidak terlalu tebal
  • Jika memungkinkan, gunakan Mode Pesawat/Airplane Mode untuk menonaktifkan jaringan Seluler sehingga mengurangi beban iPhone
  • Bersihkan iPhone dari kotoran dan debu menggunakan kain halus
  • Hindari Power Bank atau Sumber Charger berkualitas rendah

Karena panas pada iPhone berhubungan erat juga dengan penggunaan daya Baterai, kalian dapat juga mencoba mengikuti tips mempercepat iPhone pada postingan berikut: Cara Setting iPhone Agar Tidak Lemot/Lambat

Oke, itu saja informasi seputar penyebab iPhone panas ketika dicharge/dicas/diisi daya serta cara-cara mengatasinya. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.