Cara Aktifkan Jaringan 5G pada iPhone 13 mini, 13, 13 Pro, 13 Pro Max

iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max adalah iPhone generasi ke dua yang sudah mendukung jaringan 5G setelah jajaran iPhone 12.

Jaringan 5G sendiri menawarkan peningkatan kecepatan internet yang tinggi serta latensi yang sangat rendah dibandingkan pendahulunya.


Nah, bagi kalian yang menggunakan iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max (termasuk jajaran iPhone 12), pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara untuk mengaktifkan jaringan 5G di iPhone kalian.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum melanjutkan ke cara mengaktifkan jaringan 5G, perlu diperhatikan bahwa pastikan operator jaringan seluler yang kalian gunakan sudah mendukung atau menyediakan layanan 5G.

Selain itu cek apakah kartu SIM yang digunakan sudah mendukung jaringan 5G serta cek juga paket data yang disediakan oleh operator jaringan seluler untuk menjalankan jaringan 5G.

Jika sudah siap, langsung saja ikuti cara-cara di bawah untuk mengaktifkan jaringan 5G di iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Cara Mengaktifkan Jaringan 5G di iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Lalu masuk ke menu Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara & Data (apabila dual SIM silakan pilih dulu nomor yang akan diatur)

3. Selanjutnya pada menu Suara & Data silakan pilih menu 5G Aktif (5G On) atau 5G Otomatis (5G Auto)


4. Terakhir silakan keluar ke menu utama aplikasi Pengaturan atau buka menu Pusat Kontrol, kemudian nyalakan Mode Pesawat sekitar 5 - 10 detik dan matikan kembali lalu lihat hasilnya.

Apa Perbedaan Pilihan Antara 5G Aktif (5G On) dan 5G Otomatis (5G Auto)?

  • 5G Aktif (On) : iPhone akan selalu menggunakan jaringan 5G apapun kondisinya, namun begitu penggunaan baterai akan terasa jauh lebih boros.
  • 5G Otomatis (Auto): iPhone akan mengaktifkan mode data cerdas yang secara otomatis akan menurunkan kecepatan dari 5G ke LTE dalam kondisi tertentu yang berutujuan untuk menghemat penggunaan baterai.

Lalu "LTE" itu apa ya?

LTE itu merupakan jaringan 4G, kalian bisa juga menggunakan atau kembali ke jaringan 4G/LTE ini apabila ingin menghemat penggunaan baterai atau karena jaringan 5G sedang tidak tersedia/stabil.

Mengubah Mode Data Jaringan 5G

Kalian juga dapat mengatur mode data untuk jaringan 5G melalui Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Mode Data.


Apa Perbedaan Izinkan Lebih Banyak Data pada 5G (Allow More Data on 5G), Standar (Standard), dan Mode Data Rendah (Low Data Mode)?

  • Izinkan Lebih Banyak Data pada 5G (Allow More Data on 5G): iPhone akan menggunakan banyak data di jaringan 5G seperti streaming video kualitas tinggi, update iOS dengan data seluler, backup data ke iCloud, dan lain sebagainya.
  • Standar (Standard): iPhone tetap akan mengizinkan update dan tugas latar belakang yang membutuhkan jaringan, namun kualitas streaming dan lain sebagainya dibatasi tidak terlalu tinggi untuk menghemat penggunaan data
  • Mode Data Rendah (Low Data Mode): iPhone akan menghemat penggunaan data dengan menonaktifkan update otomatis dan tugas latar belakang yang membutuhkan jaringan seluler

Cara Mengatasi iPhone yang Masih Tidak Mendapatkan/Menampilkan Jaringan 5G

Apabila iPhone masih belum menampilkan jaringan 5G pastikan pengaturan data seluler telah diaktifkan melalui Pengaturan > Seluler lalu cek menu Data Seluler.

Selain itu pastikan juga kartu SIM, paket data yang diaktifkan, serta layanan yang disediakan oleh jaringan operator seluler, telah mendukung jaringan 5G.

Jika sudah coba restart jaringan iPhone, caranya silakan masuk ke halaman utama aplikasi Pengaturan, kemudian aktifkan mode Pesawat, tunggu sekitar 10 detik, lalu nonaktifkan kembali dan lihat hasilnya.

Apabila masih belum bisa coba juga untuk merestart iPhone dan cek kembali hasilnya.

Masih belum bisa juga? kalian bisa mencoba hubungi operator jaringan seluler yang digunakan untuk informasi lebih lanjut.

Penutup

Meskipun sampai saat postingan ini ditulis (September 2021) jaringan 5G belum tersedia ke publik secara resmi di Indonesia, namun cara-cara di atas dapat digunakan bagi yang berada di wilayah yang sudah menyediakan jaringan 5G atau sebagai informasi hingga jaringan 5G tersedia.

Oke itu saja informasi cara mengaktifkan jaringan data seluler 5G di iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!