Cara Mengatasi iPhone 13 yang Cepat Panas/Overheat

Beberapa pengguna melaporkan bahwa iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, ataupun iPhone 13 Pro Max mereka menghangat ketika disentuh hingga mengalami panas berlebih (overheat). Hal terjadi saat iPhone sedang digunakan, dicharge, bahkan saat tidak digunakan.

Hal-Hal yang Membuat iPhone Menjadi Lebih Panas


Ada beberapa aktivitas/faktor yang menyebabkan iPhone menjadi lebih panas, diantaranya:

  • Menjalankan aplikasi/games yang menggunakan banyak daya dan performa
  • Menjalankan perekaman video berkualitas tinggi
  • Mengatur kecerahan layar ke pengaturan yang tinggi
  • Sedang melakukan panggilan video call
  • Menggunakan iPhone sambil diisi daya
  • Banyak aplikasi di latar belakang yang berjalan, khususnya aplikasi sosial media
  • Proses update atau backup otomatis yang sedang berjalan di latar belakang
  • Jaringan seluler yang kurang stabil
  • Penggunaan jaringan 5G
  • Menggunakan pengisian daya cepat (Fast Charging) atau pengisian daya Wireless (MagSafe)
  • Menggunakan iPhone di bawah paparan sinar matahari dan lingkungan/ruangan yang panas
  • Menggunakan case yang terlalu tebal atau case dengan tambahan baterai
  • Penggunaan Layar 120 Hz di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max

Selain itu apabila kalian menggunakan Fast Charging ataupun Wireless Charging (MagSafe) iPhone memang akan menjadi sedikit lebih hangat ketika sedang diisi daya dan hal ini sangatlah normal.

Nah, untuk tips selengkapnya mengatasi jajaran iPhone 13 yang cepat panas, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Tips Cara Mengatasi iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max yang Cepat Panas

1. Restart iPhone

Melakukan Restart adalah cara terbaik untuk menyegarkan kembali sistem iOS pada iPhone kalian. Biasanya dengan melakukan Restart iPhone akan kembali bekerja dengan normal tanpa panas berlebih.

  • Cara Restart: Tekan tombol Volume Atas (atau Bawah) bersamaan dengan tombol Power/Lock hingga muncul menu untuk mematikan iPhone
  • Jika sudah dimatikan tunggu hingga 30 detik lalu nyalakan kembali dengan menekan dan tahan tombol Power/Lock

Selain itu kalian juga bisa menggunakan Force Restart/Restart Paksa, caranya:

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  3. Tekan dan Tahan tombol Power/Lock hingga iPhone Restart/Menampilkan logo Apple

2. Kurangi Kecerahan Layar

Salah satu pemicu utama iPhone yang cepat panas adalah penggunaan kecerahan layar yang terlalu tinggi, apalagi saat sedang berada pada lingkungan dengan kondisi yang cukup panas.

Sebagai solusinya, kalian bisa mengurangi kerahan layar atau menggunakan kecerahan layar otomatis agar iPhone dapat menyesuaikan kecerahan layar yang pas untuk kalian mengikuti pencahyaan sekitar.

Untuk mengaktifkan Kecerahan Layar Otomatis silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Kecerahan Otomatis.


3. Nonaktifkan Aplikasi yang Berjalan di Latar

iPhone memiliki fitur Segarkan App di Latar yang berfungsi untuk mengizinkan aplikasi untuk berjalan seperti mengambil data terbaru, meskipun sedang tidak digunakan. Maka dari itu dengan menonaktifkan fitur tersebut dapat membantu mengurangi beban baterai pada iPhone yang secara otomatis akan menekan panas berlebih.

Cara menonaktifkannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar > Segarkan App di Latar > Mati.

4. Ubah Jaringan 5G ke Auto atau LTE

Jaringan 5G pada jajaran iPhone 13 dapat menguras baterai lebih banyak sehingga panas berlebih mungkin akan lebih terasa, apalagi jika jaringan 5G yang digunakan masih belum sepenuhnya stabil.

Apabila kalian sudah menggunakan jaringan 5G, disarankan untuk menggunakan mode 5G Auto atau menurunkan kecepatan ke LTE. Carnaya silakan buka aplikasi Pengaturan > Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara & Data.

5. iPhone Baru? Tunggu Beberapa Hari Kedepan

Khusus iPhone yang masih baru atau baru digunakan, butuh beberapa hari ke depan bagi iPhone untuk menyesuaikan keadaan dengan pengaturan yang baru saja dibuat.

Jadi apabila iPhone kalian masih baru digunakan (baru 1 atau 2 hari), harap bersabar untuk beberapa hari ke depan hingga iPhone sudah benar-benar menyesuaikan dengan pengaturan yang telah kalian buat.

6. Update ke iOS Versi Terbaru

Panas berlebih pada iPhone bisa saja disebabkan oleh Bug atau kesalahan pada iOS. Untuk mengoptimalkan dan mencegah kesalah ini, kalian disarankan untuk rutin melakukan update ke iOS versi terbaru.

Untuk melakukan pengecekan dan menginstall iOS versi terbaru, silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Linak (hubungkan iPhone ke pengisian daya dan gunakan WiFi atau jaringan 5G untuk download update).

7 Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Selain mengupdate iOS ke versi terbaru, penting juga untuk mengupdate aplikasi yang terinstall di iPhone untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut berjalan secara optimal.

8. Nonaktifkan Konektivitas yang Sedang Tidak Digunakan

Sering membiarkan Bluetooth atau WiFi menyala meskipun sedang tidak digunakan? ada baiknya silakan dimatikan untuk mengurangi beban kinerja iPhone serta beban penggunaan daya baterai yang secara tidak langsung berdampak juga pada suhu iPhone.

9. Nonaktifkan Fetch dan Push Email

Email yang kalian gunakan pada iPhone akan selalu memperbarui datanya disetiap saat, selain dapat menguras baterai fitur ini juga dapat membebani kinerja iPhone sehingga iPhone menjadi lebih mudah panas.

Untuk mengatasinya silakan nonaktifkan fitur Fetch dan Push melalui aplikasi Pengaturan > Mail > Akun > Ambil Data Baru kemudian ubah menu dari Fetch ke Manual/Secara Manual pada layanan yang diinginkan.

Contohnya bisa dilihat melalui gambar di bawah berikut:


10. Hindari Suhu Lingkungan yang Panas

Sering menggunakan iPhone kalian untuk bermain game? pastikan kalian tidak menggunakan iPhone tersebut pada lingkungan yang panas seperti dalam ruangan yang pengap atau terpapar sinar matahari langsung.

11. Jangan Dimainkan sambil Dicharge

iPhone dan Baterainya akan bekerja jauh lebih berat dan menjadi lebih panas saat sedang dicharge, sehingga memainkan iPhone sambil dicharge memiliki risiko membuat iPhone menjadi sangat panas. Sebisa mungkin hindari kebiasaan ini jika memang tidak sedang dalam kondisi mendesak.

12. Gunakan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah pada iPhone berfungsi untuk membatasi penggunaan daya baterai dengan menonaktifkan sementara beberapa proses di latar belakang maupun mengurangi kecerahan layar.

Untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah silakan tap icon Baterai di Pusat Kontrol atau masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai.

13. Cek Kesehatan Baterai

Kesehatan Baterai yang sudah sangat menurun bisa saja menjadi penyebab mengapa iPhone menjadi lebih cepat panas. Hal ini biasanya dapat terjadi apabila kesehatan baterai pada iPhone sudah menyentuh angka di bawah 75% yang sekaligus menandakan bahwa baterai perlu diganti.

Untuk melakukan pengecekan Kesehatan Baterai silakan buka aplikasi Pengaturan > Batarai > Kesehatan Baterai.

14. Cek Aplikasi yang Menggunakan Banyak Baterai

Panas pada iPhone biasanya diakibatkan oleh penggunaan baterai berlebih oleh aplikasi yang kalian gunakan, silakan cek apa saja aplikasi yang memakan banyak daya baterai di iPhone kalian melalui aplikasi Pengaturan > Baterai.

Apabila ditemukan aplikasi yang secara diam-diam memakan banyak baterai, kalian bisa menonaktifkan fitur Segarkan App di Latar melalui Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar atau menghapusnya jika sudah tidak digunakan lagi.

15. Coba Nonaktifkan Layar 120 Hz

Berbeda dengan iPhone generasi sebelumnya, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max telah dilengkapi dengan Refresh Rate layar dua kali lipat yakni sebesar 120 Hz.

Meskipun pengoptimalan baterai berjalan sangat baik, pengguna dapat mencoba menonaktifkan layar 120 Hz untuk melihat apakah masalah iPhone yang panas disebabkan oleh fitur 120 Hz. Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Gerakan lalu aktifkan menu Membatasi Laju Bingkai.

16. Hindari Case Terlalu Tebal

Menggunakan Case Tebal memang sangat baik untuk perlindungan iPhone ketika terbentur, selain itu tampilan iPhone juga akan semakin terlihat gagah.

Namun di samping itu case yang telalu tebal dapat mengurangi kemampuan iPhone untuk membuang panas berlebih, seperti yang kita ketahui sendiri iPhone membuang panas berlebih yang disalurkan melalui kerangkanya, sehingga apabila kerangka tersebut benar-benar tertutup maka kemampuan iPhone untuk membuang panas akan menjadi lebih lambat/berkurang

Dampak iPhone yang Sering Mengalami Panas Berlebih


iPhone yang sering mengalami panas berlebih tentu saja akan berdampak pada daya tahan baterai yang berkurang atau cepat habis.

Di sisi lain untuk penggunaan jangka panjang Kesehatan Baterai (Battery Health) iPhone juga akan lebih cepat menurun. Semakin menurun kesehatan baterai pertanda semakin berkurangnya daya tampung maksimal baterai, sehingga pengguna mungkin akan merasakan bahwa baterai menjadi lebih boros dari biasanya.

Penurunan kesehatan baterai iPhone bersifat permanen dan tidak dapat ditingkatkan kecuali dengan mengganti ke komponen baterai yang baru.

Angka kesehatan Baterai yang baik berada di atas 80% sedangkan untuk kategori yang sudah perlu diganti berada di bawah atau sekitar 70%.

Oke, itu saja informasi cara mengatasi iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, serta iPhone 13 Pro Max yang mengalami panas berlebih (overheat) atau cepat panas. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang mau menambahkan, langusng saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.