Cara Mengatur/Mengubah Refresh Rate Layar iPhone dan iPad

Untuk pertama kalinya Apple memperkenalkan teknologi ProMotion di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, yakni teknologi yang meningkatkan kecepatan layar atau Refresh Rate dari yang maksimal di iPhone sebelumnya hanya mencapai 60Hz, menjadi 120Hz.

Teknologi ProMotion ini sebenarnya sudah cukup lama hadir untuk pengguna iPad Pro, kecuali iPad Pro 12.9 inch Gen 1.


Baca Juga : Daftar Layar iPhone dan iPad dengan Refresh Rate Tinggi

Keuntungan Layar 120Hz (ProMotion) di iPhone dan iPad

Dengan Refresh Rate yang mencapai 120Hz, iPhone dan iPad dapat menampilkan frame pada layar dua kali lipat lebih banyak dibandingkan iPhone sebelumnya, yakni 120 frame per detik (fps).

Dampaknya tentu saja tampilan animasi akan lebih cepat muncul serta efeknya yang semakin halus.

Cara Mengatur atau Mengubah Refresh Rate Layar iPhone dan iPad

Perlu diketahui bahwa kalian tidak dapat secara bebas membatasi Refresh Rate layar untuk berjalan diangka tertentu, melainkan apabila pengaturan di bawah diaktifkan maka iPhone dan iPad akan membatasi laju bingkai/limit frame rate menjadi 60Hz atau 60 frame-per-detik saja.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone atau iPad

2. Lalu masuk ke menu Aksesibilitas (Accessibility) > Gerakan (Motion)

3. Jika sudah silakan tap menu Membatasi Laju Bingkai atau Limit Frame Rate

Dampak Konsumsi Baterai

Sebenarnya untuk urusan konsumsi Baterai pengguna iPhone dan iPad tidak perlu khawatir, sebab teknologi ProMotion hadir dengan pengoptimalan penggunaan Baterai yang sangat baik serta kecepatan layar adaptif antara 10Hz hingga 120Hz, dalam arti layar dapat secara cerdas mengatur kecepatan layar menyesuaikan kebutuhan.

Misalnya saat memutar video dengan kecepatan 30fps layar pun akan menurunkan kecepatannya ke 30fps. Begitu juga saat bermain game, apabila game tidak mendukung kecepatan layar 120hz maka kecepatan layar akan menyesuaikan fps yang dihasilkan oleh game tersebut.