Cara Mengatasi Live Text di iOS 15 Tidak Bisa Berfungsi

Live Text atau Teks Langsung merupakan salah satu fitur pada iPhone yang dirilis melalui iOS 15, fitur ini berfungsi untuk mendeteksi, menyalin, menterjemahkan, hingga mencari tahu makna tulisan/teks yang ada pada suatu gambar atau dapat juga secara langsung melalui kamera.


Namun, tidak sedikit pengguna yang melaporkan bahwa fitur Live Text tidak dapat bekerja/tidak bisa berfungsi.

Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara untuk mengatasinya.

Sebagai informasi tambahan, sebelum melanjutkan pastikan kalian sudah mengetahui cara-cara menggunakan fitur Live Text, jika belum silakan cek cara-caranya melalui postingan berikut: Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Live Text di iPhone dan iPad

Cara Mengatasi Live Text di iPhone (iOS 15) Tidak Bisa Berfungsi

1. Cek Kompatibilitas

Fitur Live Text tidak mendukung semua model iPhone, hanya iPhone dengan chipset "A12 Bionic" atau lebih baru saja yang mendapatkannya, berikut daftar iPhone yang mendukung fitur Live Text.

  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 mini
  • iPhone 13
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 12
  • iPhone SE Gen 2
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11
  • iPhone XS Max
  • iPhone XS
  • iPhone XR

2. Aktifkan Fitur Live Text Terlebih Dahulu

Fitur Live Text tidak secara otomatis aktif, pengguna perlu mengaktifkannya secara manual, berikut cara-caranya.

  • Live Text bisa diaktifkan melalui Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Bahasa & Wilayah (Language & Region) lalu aktifkan menu Teks Langsung/Live Text
  • Live Text untuk Kamera bisa diaktifkan melalui Pengaturan (Settings) > Kamera (Camera) lalu aktifkan menu Teks Langsung/Live Text


3. Ubah Bahasa iPhone ke Bahasa Inggris atau Sebaliknya

iPhone sudah mendukung, lalu fitur Live Text juga sudah dalam keadaan aktif, namun mengapa masih tidak bisa mendeteksi teks?

Untuk mengatasinya mudah, silakan ubah Bahasa iPhone ke Bahasa Inggris melalui Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Bahasa & Wilayah (Language & Region) > Bahasa iPhone (iPhone Language) kemudian ubah ke Bahasa Inggris/English.


Namun apabila sudah menggunakan Bahasa Inggris/English coba ubah ke Bahasa Indonesia.

Setelah bahasa iPhone diubah coba lihat kembali hasilnya. Jika berhasil kalian dapat mencoba mengembalikan bahasa iPhone kembali ke Bahasa sebelumnya.

4. Ubah Region/Wilayah iPhone

Apabila mengubah bahasa iPhone tidak juga membuahkan hasil, silakan ubah Region iPhone dari Indonesia ke Amerika Serikat melalui Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Bahasa & Wilayah (Language & Region) > Wilayah (Region) lalu pilih Amerika Serikat/United States.


Setelah itu silakan coba lihat kembali hasilnya. Jika berhasil kalian dapat mengubah kembali Region/Wilayah pada iPhone ke pengaturan sebelumnya.

5. Nonaktifkan Mode Daya Rendah/Low Power Mode

Nah, selanjutnya coba juga untuk menonaktifkan fitur Mode Daya Rendah apabila sedang dalam keadaan aktif dan cek kembali hasilnya.

6. Restart iPhone

Untuk mencegah kemungkinan hal ini disebabkan oleh Bug, coba Restart iPhone atau secara sederhana silakan matikan iPhone kemudian nyalakan kembali.

Jika sudah cek kembali hasilnya.

7. Reset Pengaturan iPhone

Masih belum bisa juga? pertimbangkan untuk mereset pengaturan iPhone tentunya tanpa harus menghapus data.

Caranya buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Transfer atau Atur Ulang iPhone (Transfer or Reset iPhone) > Atur Ulang (Reset) lalu pilih menu Atur Ulang Pengaturan/Reset All Settings.


Jika sudah silakan aktifkan kembali fitur Live Text dan ikuti kembali langkah ke 3, 4, 5, dan 6 di atas.

8. Tunggu Update iOS 15 Selanjutnya

Meskipun dengan cara-cara di atas seharusnya fitur Live Text sudah bisa bekerja, namun tidak menutup kemungkinan terdapat bug pada iOS 15 yang berdampak pada sebagian iPhone sehingga menjadikan fitur Live Text tidak dapat bekerja.

Untuk itu silakan sabar menunggu update iOS 15 selanjutnya dan berharap adanya perbaikan. Jika ragu, merestore iPhone ke pengaturan Pabrik juga dapat menjadi solusinya.

Bagaimana apakah sudah berhasil? Admin harap begitu ya.. sebab Admin sendiri pun mengalami masalah yang sama dan dapat secara instan diperbaiki melalui cara ke 3 di atas.

Oke itu saja informasi cara mengatasi fitur Live Text atau Teks Langsung di iPhone yang tidak bisa, tidak bekerja, atau tidak berfungsi. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang mau menambahkan? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.