Cara Mengatasi Update ke iOS 15 di iPhone Sangat Lama

Update ke iOS 15 terasa sangat lama alias lama banget? jika ya maka kalian tidak sendiri, ada cukup banyak pengguna iPhone bahkan iPad dengan iPadOS yang merasakan hal yang sama. Bahkan Admin sendiri mengalaminya.


Faktor yang Menentukan Lamanya Update ke iOS 15

Perlu diketahui bahwa lamanya update ke iOS versi terbaru (iOS 15) dapat disebabkan oleh beragam hal, yang paling umum yakni:

  • Jaringan internet yang lambat
  • Ukuran update yang besar
  • Performa iPhone
  • Server Apple mungkin Overload
  • Masalah antara jaringan internet dengan server update Apple

Waktu rata-rata update dari iOS 14 ke iOS 15 mungkin memakan waktu sekitar 2 jam. Ya, cukup lama mengingat update dari iOS 14 ke iOS 15 membawa perubahan yang cukup besar. Sedangkan rata-rata update minor memakan waktu kurang lebih 1/2 sampai 1 jam.

Lalu adakah solusi untuk mempercepat update iOS yang lemot tersebut?

Cara Mempercepat Update iOS yang Sangat Lama

1. Restart Router WiFi

Internet terasa kencang namun saat mendownload update membutuhkan waktu yang lama? coba restart router modem wifi dan coba cek kembali hasilnya.

2. Hubungkan ke pengisian daya

iPhone sendiri membutuhkan setidaknya daya baterai sebesar 50% untuk menginstall update. Namun, untuk hasil yang lebih optimal silakan sambungkan iPhone ke pengisian daya.

3. Restart iPhone

Selanjutnya apabila kedua cara di atas tidak membuahkan hasil, silakan restart iPhone, yakni dengan mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali.

4. Gunakan Internet dari Provider Berbeda

Admin pun mengalami masalah serupa, mendonwload dan menginstall update iOS 15 membutuhkan waktu kira-kira 12 - 15 jam! sudah coba restart router, restart iPhone, sambil dicharge, namun hasilnya tetap sama.

Akhirnya Admin memutuskan untuk menggunakan internet/wifi dari provider jaringan lainnya, dan hasilnya download berjalan dengan sangat cepat dan update dari iOS 14 ke iOS 15 selesai dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Nah, bagi yang bingung mau pakai WiFi dari mana lagi, kalian bisa menggunakan data seluler (tethering/personal hotspot) dari smartphone lainnya.

5. Update manual dengan Komputer

Apabila cara-cara di atas tidak ada satupun yang berhasil, solusi lainnya kalian dapat mengupdate iOS melalui komputer, tepatnya menggunakan aplikasi iTunes atau Finder di Mac.

Penutup!

Oke itu saja informasi cara mengatasi update ke iOS 15 yang lemot, sangat lama, lama banget, dll. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang mau menambahkan? langusng saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!