Cara Screen Record di Seluruh iPhone, iPad, dan iOS/iPadOS

Screen Record (Screen Recorder/Recording) atau Perekaman Layar merupakan fitur yang digunakan untuk merekam tampilan layar dengan hasil akhir berbentuk video. Di iPhone sendiri fitur Screen Record sudah menjadi fitur bawaan sejak hadirnya iOS 11, meski begitu tidak sedikit pengguna yang bingung untuk mengakses fitur Screen Record di iPhone mereka.


Memang sih, untuk saat ini letak untuk mengakses Screen Record iPhone mungkin agak sedikit sulit diketahui khususnya bagi pengguna yang masih baru pertama kali menggunakan iPhone/iPad.

Perlu diketahui bahwa fitur Screen Record di iPhone tidak dalam bentuk sebuah aplikasi, melainkan menu/icon pintasan yang terdapat di Pusat Kontrol (Control Center).

Nah, untuk mengakses atau mengaktifkan fitur Screen Record di iPhone, pengguna hanya perlu menambahkan pintasan Screen Record ke dalam Pusat Kontrol, yang mana pintasan Screen Record secara bawaan memang tidak disertakan ke dalam Pusat Kontrol, jadi pengguna harus menambahkannya sendiri untuk mengakses fitur Screen Record.

Cara Mengakses/Mengaktifkan fitur Screen Record di iPhone dan iPad

Fitur Screen Record bawaan iPhone hanya terdapat di iOS 11, iOS 12, iOS 13, iOS 14, iOS 15, atau lebih baru.

Sedangkan iPhone yang mendukung Screen Record dimulai dari iPhone 5S, iPhone 6/6Plus, iPhone 6S/6SPlus, iPhone SE, iPhone 7/7Plus, iPhone 8/8Plus, iPhone X, iPhone XR/XS/XS Max, iPhone 11/11 Pro/Pro Max, iPhone SE Gen 2, iPhone 12/mini/Pro/Pro Max, dan lebih baru lainnya.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Pusat Kontrol (Control Center)


3. Jika sudah cari menu Perekaman Layar (Screen Recording)

4. Selanjutnya tap icon/tanda (+) berwarna hijau tepat disamping menu Perekaman Layar (Screen Recording) untuk menambahkan pintasan/menu Screen Record ke dalam Pusat Kontrol (Control Center)


5. Sekarang untuk mengakses dan mengaktifkan Screen Record silakan buka Pusat Kontrol (Control Center) lalu tap icon Screen Record seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut.


Screen Record yang aktif sedang melakukan perekaman layar, ditandai dengan tanda merah dipojok kiri atas (khusus iPhone Layar Penuh), atau tanda merah di area Status Bar (khusus iPhone dengan tombol Home).


Screen Record + Suara dari Mikrofon

Ingin merekam layar disertai suara dari mikrofon? berikut caranya:

1. Buka Pusat Kontrol (Control Center)

2. Lalu Tap dan Tahan pada icon Perekaman Layar (Screen Record)

3. Jika sudah silakan aktifkan menu Mikrofon dan tap Mulai Merekam


Menghentikan/Stop Screen Record

Untuk menghentikan Screen Record kalian dapat mengakses kembali Pusat Kontrol (Control Center) lalu tap kembali pada menu/icon Screen Record, atau kalian juga dapat tap pada tanda merah lalu tap Hentikan/Stop.


Selain itu mengunci layar iPhone juga secara otomatis akan menghentikan Screen Record/Perekaman Layar.

Hasil Screen Record/Perekaman Layar akan tersimpan dalam bentuk video di galeri Foto iPhone dan iPad kalian.

Perhatikan Sisa Kapasitas Penyimpanan

Perlu diketahui bahwa Screen Record di iPhone membutuhkan ruang penyimpanan yang besar tergantung durasi. Screen Record selama 15 menit dapat menggunakan kapasitas penyimpanan hingga kurang lebih 1 sampai 2GB.

Baik, itu saja cara-cara mengakses, menggunakan, atau menambahkan Screen Record di iPhone, iPad, serta iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.