Mengapa Harga iPhone Bisa Turun Drastis?

Apple selalu merilis iPhone dengan harga yang cukup mahal bagi sebagian besar orang. Harga yang mahal ini bagi sebagian pengguna sebanding dengan kualitas yang didapatkan.

Namun akhir-akhir ini beberapa model iPhone yang dulu harganya cukup mahal terutama saat awal-awal baru dirilis, dikabarkan turun drastis bahkan hingga di bawah setengah harga rilisnya. Padahal iPhone tersebut mungkin masih masuk kategori iPhone yang cukup canggih dan masih sangat layak digunakan sampai saat ini.

Mengapa Harga iPhone Bisa Turun Drastis?


1. Umur iPhone

Usia iPhone yang sudah cukup tua serta ketinggalan zaman merupakan hal utama penyebab harga iPhone tersebut bisa turun drastis. Tentu dengan menuanya usia iPhone tersebut fitur-fitur canggihnya akan tergerus dan terlihat usang ketika iPhone generasi terbaru satu demi satu dirilis.

2. Sudah Tidak Lagi Diproduksi

Apple biasanya akan segera menghentikan produksi iPhone ketika generasi penerusnya dirilis/diperkenalkan (meski tidak semuanya tergantung minat pasar).


Dengan dihentikannya produksi iPhone tersebut, maka seiring dengan waktu iPhone hanya bisa didapatkan melalui penjual sesuai stok yang masih tersedia dengan harga yang bervariasi.

3. Kondisi Second/Bekas

Masih berhubungan dengan poin kedua di atas, ketersediaan iPhone dengan kondisi baru yang sudah menipis bahkan langka di pasaran (sudah tidak diproduksi karena sudah terlalu lama), membuat kondisi Second atau Bekasnya beredar lebih banyak dengan harga yang terpantau sangat murah alias turun drastis jika dibandingkan dengan harga baru saat dirilis.

Belum lagi adanya kondisi penyerta lain pada iPhone second tersebut yang membuat harganya semakin murah, misalnya seperti bodi banyak lecet, battery health menurun jauh, salah satu komponen sudah tidak lagi asli/berfungsi, merupakan iPhone ByPass, dan lain sebagainya.


4. Performa dan Fitur yang Tidak Lagi Mumpuni

Meskipun sudah tidak diproduksi atau bisa didapatkan melalui kondisi yang second/bekasnya, namun performa iPhone tersebut untuk ke depan akan semakin kurang bertenaga dalam memenuhi kebutuhan beragam aplikasi atau game terbaru.

Walaupun terlihat masih bisa, namun mungkin tidak akan bertahan lama sebelum keluhan seperti nge-lag dan lain sebagainya muncul.

5. Kurang Diminati Lagi

Tidak jauh dari poin pertama di atas, seiring waktu atau bertambahnya usia iPhone serta diperkenalkannya iPhone generasi terbaru dengan beragam fitur yang menarik, canggih, bahkan menjadi trend, membuat iPhone generasi yang lebih lama menjadi kurang diminati.

Seperti yang kita ketahui semakin diminati barang harganya tentu akan semakin mahal bahkan langka, apabila kurang diminati apalagi sudah berusia cukup lama (jadul) bahkan ada penggantinya dengan harga yang sedikit lebih mahal namun memiliki fitur yang canggih, tidak mengherankan jika harga iPhone tersebut akan turun drastis.

6. Tidak Mendapatkan iOS versi Terbaru

Nah, untuk beberapa model iPhone dengan usia yang sudah sangat jadul, tidak lagi mendapatkan update iOS versi terbaru. Hal ini membuat iPhone tersebut semakin kurang menarik sehingga harganya pun akan terjun sangat drastis.


Kesimpulan..


Pada intinya, harga iPhone yang turun secara drastis kebanyakan diakibatkan oleh telah tersedianya model iPhone yang lebih baru, usia dari iPhone yang sudah cukup tua sehingga fitur serta performanya yang tidak lagi mumpuni, tidak lagi diproduksi secara resmi oleh Apple sehingga kondisi yang second lebih banyak beredar, sudah kurang diminati lagi, hingga kondisi iPhone yang tidak lagi berfungsi dengan normal.

Baik, itu saja informasi seputar Mengapa Harga iPhone Bisa Turun Secara Drastis yang dapat Admin berikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!