Cara Menghapus Riwayat Aplikasi yang Dibuka di iPhone

Di iPhone, iPad, dan iPod touch pengguna dapat dengan mudah mengetahui serta melihat riwayat/history aplikasi apa saja yang baru diakses/dibuka melalui dua cara. Pertama, secara mendetail melalui fitur Durasi Layar (Screen Time). Kedua, secara singkat dan sederhana melalui laporan penggunaan Baterai oleh aplikasi.


Beberapa pengguna juga mungkin meletakkan Widget Durasi Layar di halaman utama aplikasi atau di Panel Widget untuk memudahkan melihat laporan tanpa harus mengakses aplikasi Pengaturan, contohnya seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut:


Nah, bagi kalian yang ingin menghapus riwayat aplikasi yang baru saja dibuka/diakses, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-caranya.

Cara Menghapus Riwayat Aplikasi yang Dibuka di iPhone

Kalian dapat dengan mudah membersihkan riwayat aplikasi yang berada dalam menu Durasi Layar (Screen Time). Namun, perlu diketahui bahwa kalian tidak dapat membersihkan riwayat di hari atau waktu tertentu, melainkan seluruh riwayat akan dihapus dan fitur Durasi Layar akan direset dari awal kembali.

Sedangkan sangat disayangkan untuk riwayat aplikasi yang dibuka yang ada pada menu Laporan Penggunaan Baterai, kalian tidak dapat mereset atau menghapusnya tak terkecuali jika iPhone dihapus total ke pengaturan pabrik atau menghapus aplikasi yang riwayatnya tidak ingin diketahui.

Menghapus Riwayat Aplikasi yang Dibuka di iPhone pada Menu Durasi Layar

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone lalu masuk ke menu Durasi Layar (Screen Time)


2. Selanjutnya tap menu Matikan Durasi Layar untuk menonaktifkan fitur Durasi Layar 


3. Jika sudah aktifkan kembali fitur Durasi Layar dengan memilih menu Nyalakan Durasi Layar dan ikuti pengaturan yang ditampilkan


Terakhir silakan lihat hasilnya, riwayat aplikasi dan penggunaan dalam fitur Durasi Layar sudah terhapus dan direset dari awal kembali.

Berikut gambar contoh hasilnya:


Solusi Menghapus Riwayat Aplikasi yang Dibuka di iPhone pada Menu Laporan Penggunaan Baterai

Satu-satunya cara untuk menghilangkan riwayat aplikasi yang ada dalam menu laporan penggunaan baterai iPhone adalah dengan mereset iPhone kembali ke pengaturan pabrik (menghapus total seluruh data-data).

Sebagian besar dari kalian tentu tidak akan melakukannya hanya untuk menghapus riwayat aplikasi yang dibuka tersebut bukan?

Solusinya adalah dengan menghapus aplikasi yang ingin riwayatnya dihapus dari menu laporan penggunaan baterai.

Dengan dihapusnya aplikasi, riwayat aplikasi yang ada dalam laporan penggunaan baterai pun akan ikut hilang atau ditampilkan dengan status "App yang Baru Dihapus", berikut contoh tampilannya:


Setelahnya kalian dapat menginstall ulang aplikasi yang dihapus tersebut.

Perlu diketahui mereset Pengaturan tidak akan menghilangkan laporan penggunaan baterai di iPhone.

Cek atau Nonaktifkan Menu Saran Siri

Tahukah kalian jika fitur Saran Siri dapat menampilkan aplikasi apa saja yang akhir-akhir ini dibuka khususnya melalui menu Pencarian, Perpustakaan App, atau Widget Saran Siri?

Silakan coba buka menu Pencarian di iPhone dengan cara mengusap layar di halaman utama/home screen iPhone, kemudian cek menu Saran Siri seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut:


Nah, untuk menonaktifkan menu Saran Siri kalian dapat melakukannya melalui aplikasi Pengaturan > Siri & Pencarian kemudian nonaktifkan menu Tampilkan di Perpustakaan App & Spotlight.

Penutup...

Ya, itu saja cara menghapus riwayat aplikasi yang dibuka di iPhone, iPad, serta iPod touch.

Memang agak sedikit merepotkan dan tidak praktis sama sekali, namun untuk saat ini hanya cara-cara di atas yang dapat dilakukan.

Untuk kedepannya kita berharap saja Apple memperkenalkan fitur Privasi yang dapat mereset riwayat penggunaan aplikasi di iPhone.