Cara Menghilangkan Garis Bawah pada Tulisan/Teks di iPhone

Hasil ketikan (Tulisan/Teks) melalui keyboard di iPhone muncul titik-titik merah membentuk sebuah garis? jika ya, kemungkinan terbesarnya hal tersebut diakibatkan oleh fitur "Periksa Ejaan" pada pengaturan keyboard iPhone.


Periksa Ejaan adalah fitur yang digunakan untuk memeriksa apakah ada kesalahan dalam ejaan/tulisan yang diketik khususnya dalam bahasa Inggris. Apabila ada ejaan atau penulisan yang salah, maka akan muncul garis dengan struktur titik-titik merah di bawah teks/tulisan tersebut.

Fitur Periksa Ejaan ini hanya hadir di keyboard berbahasa Inggris saja, jadi bagi yang menggunakan keyboard berbahasa Indonesia maka bisa dipastikan tidak akan muncul garis di bawah teks/tulisan.

Nah, apabila kalian tidak suka dengan garis yang muncul tersebut, kalian dapat dengan sangat mudah menghilangkannya. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut.

Cara Menghilangkan Garis Bawah pada Tulisan/Teks di iPhone


1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Lalu masuk ke menu Umum (General) > Papan Ketik (Keyboards)

3. Kemudian nonaktifkan menu Periksa Ejaan (Check Spelling)


Jika sudah silakan cek kembali hasilnya.

Oh ya, selain menonaktifkan fitur Periksa Ejaan, dalam menu tersebut kalian juga dapat mengatur banyak hal seperti menonaktifkan Koreksi Otomatis (Auto-Correction), Prediktif (Predictive), Huruf Besar Otomatis (Auto-Capitalization), dan lain sebagainya.

Ingat, beberapa fitur seperti Periksa Ejaan (Check Spelling), Prediktif (Predictive), dan lain-lain, hanya tersedia khusus untuk keyboard Berbahasa Inggris saja.

Mengubah Keyboard Indonesia-Inggris

Selain cara-cara di atas kalian juga dapat mengubah bahasa pada keyboard iPhone ke bahasa yang diinginkan, khususnya keyboard Bahasa Indonesia yang saat ini belum memiliki fitur Periksa Ejaan (Check Spelling) sehingga tidak akan ada garis yang muncul pada tulisan/teks yang diketik.

Secara bawaan biasanya iPhone memiliki 2 jenis keyboard bahasa yang aktif dan dapat digunakan secara bergantian langsung melalui pintasan pada keyboard, yakni dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Untuk berpindah Bahasa Keyboard kalian cukup tap pada icon Globe di ujung kiri bawah keyboard seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut:


Bagi yang ingin menambahkan keyboard dalam bahasa lainnya, kalian dapat mengaturnya melalui aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Papan Ketik (Keyboards) > Papan Ketik (Keyboards) > Tambah Papan Ketik Baru (Add New Keyboard...).

Penutup...

Garis Bawah pada teks/tulisan diakibatkan oleh fitur Periksa Ejaan/Check Spelling pada keyboard berbahasa Inggris. Meski begitu, fitur tersebut dapat dinonaktifkan dengan sangat mudah untuk menghilangkan garis yang muncul tanpa harus berpindah Bahasa Keyboard.

Perbedaan Bahasa Keyboard pada iPhone menentukan juga fitur yang tersedia.

Oke, itu saja informasi cara menghilangkan garis bawah pada tulisan atau teks di iPhone, iPad, juga iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!