Cara Mudah Menutup Aplikasi di iPhone

Baru pertama kali menggunakan iPhone? jika ya, pada artikel kali ini Admin akan membagikan cara menutup aplikasi di iPhone, tepatnya untuk semua model iPhone.

Menutup aplikasi sebenarnya tidak diperlukan karena iPhone dapat memanajemen penggunaan memori dengan sangat baik.

Namun, bagi yang aplikasinya sudah terlalu menumpuk, mengalami masalah seperti tidak responsif, atau ingin menjalankan aplikasi/game yang membutuhkan performa lebih, menutup aplikasi yang jarang digunakan dapat dilakukan dengan sangat mudah.


Seperti yang diketahui bahwa saat ini terdapat dua model iPhone yang berbeda cara bernavigasi, yakni berbeda cara untuk akses aplikasi yang sedang terbuka.

iPhone dengan tombol Home/Utama seperti iPhone 6S, 7, 8, dan SE memiliki cara yang berbeda dalam mengakses aplikasi yang sedang terbuka dibandingkan iPhone layar penuh seperti iPhone X, XR, XS, 11, 12, dan 13.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah untuk menutup aplikasi di iPhone.

Cara Menutup Aplikasi di iPhone

Untuk iPhone dengan Layar Penuh seperti iPhone X, XR, XS, 11, 12, 13, dan lain sebagianya, silakan: 

  • Temukan tombol Gestur di bagian bawah layar atau jika gestur dalam keadaan tersembunyi langsung saja usap/swipe layar bagian paling bawah ke arah atas (tidak usah terlalu jauh), lalu tahan sebentar, dan lepas.

Untuk iPhone dengan Tombol Home/Utama seperti iPhone 6S, 7, 8, SE, dan lain sebagainya, silakan:

  • Tekan tombol Home/Utama dengan agak cepat sebanyak Dua Kali

Jika sudah maka tampilan aplikasi yang sedang terbuka akan tampil di layar dalam bentuk seperti kartu.

Contohnya seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut:


Untuk menutup aplikasi yang diinginkan sangatlah mudah, kalian cukup mengusap/swipe aplikasi ke arah atas layar dan aplikasi secara otomatis akan tertutup.


Untuk menutup banyak apikasi sekaligus dengan cepat, kalian dapat meletakan seluruh jari kalian pada aplikasi dan mengusapnya ke arah atas secara bersamaan.

Untuk keluar dari menu tersebut kalian cukup tap/menyentuh di sembarang tempat di luar tampilan aplikasi. Jika kalian tap/menyentuh aplikasi tersebut maka aplikasi akan terbuka.

Penutup...

Bagaimana cukup mudah bukan? namun perlu diketahui bahwa menutup aplikasi yang sedang terbuka tersebut dapat menyebabkan penggunaan lebih pada baterai, meskipun tergolong cukup sedikit dan mungkin tidak akan terasa pengaruhnya.

Hal ini dapat terjadi karena iPhone yang akan menggunakan daya besar untuk menjalankan aplikasi dari awal lagi. Sedangkan apabila aplikasi sudah dalam keadaan terbuka (dalam arti tersimpan dalam RAM atau memori sementara), iPhone cukup melanjutkannya tanpa harus mengulang memuat aplikasi tersebut dari awal.

Selain menghemat waktu iPhone juga akan menghemat sedikit penggunaan daya baterai.