Downgrade ke iOS 14 Sudah Tidak Memungkinkan Lagi

Apple baru saja menutup akses downgrade maupun upgrade untuk iOS 14.8 dan iPadOS 14.8, itu artinya bagi pengguna yang ingin mengupdate iOS/iPadOS ke versi terbaru secara otomatis akan mendapatkan iOS/iPadOS 15, sedangkan bagi yang ingin downgrade kembali ke iOS 14, hal ini sudah tidak memungkinkan lagi.


iOS 14 merupakan generasi iOS yang untuk pertama kalinya memperkenalkan Widget di Home Screen dan App Library untuk iPhone. Banyak perubahan serta fitur yang hadir di iOS 14 yang membuatnya patut menjadi salah satu generasi iOS terbaik.

Nah, iOS 15 dan iPadOS 15 sendiri hadir dengan beragam fitur tambahan serta peningkatan terutama untuk aplikasi bawaan. Khusus untuk iPad, iPadOS 15 juga membawa fitur Low Power Mode, Widget di Home Screen, serta App Library yang sebelumnya hanya hadir di iPhone.

Memiliki Masalah di iOS/iPadOS 15? Tunggu update selanjutnya..

Sebagian kecil pengguna iPhone dan iPad mungkin ingin kembali ke iOS/iPadOS 14 karena banyak alasan, misalnya perangkat jadi lebih cepat panas, berjalan lambat, beberapa fungsi/fitur tidak berjalan dengan baik atau bahkan tidak bisa sama sekali, dan lain sebagainya.

Hal tersebut seringkali terjadi di setiap perilisan generasi iOS/iPadOS versi terbaru. Sayangnya, Apple secara rutin menutup akses downgrade iOS/iPadOS ke versi sebelumnya beberapa hari setelah iOS/iPadOS versi terbaru dirilis.

Satu-satunya jalan adalah menunggu update iOS/iPadOS 15 selanjutnya yang diharapkan membawa perbaikan terkait masalah yang dialami.