Status Jailbreak iOS/iPadOS 15.0.2 untuk iPhone dan iPad

Apple baru saja merilis update iOS/iPadOS 15.0.2 bagi pengguna iPhone, iPod touch, dan iPad. Dalam update kali ini Apple memperbaiki sejumlah bug serta masalah keamanan yang cukup penting.


Lalu bagi pengguna yang menginginkan jailbreak, apakah saat ini jailbreak untuk iOS 15.0.2 sudah tersedia? berikut jawabannya..

Status Jailbreak iOS 15.0.2

Lagi-lagi status jailbreak iOS 15.0.2 masih sama sejak iOS 14.4, yakni belum sepenuhnya tersedia. Satu-satunya harapan jailbreak di iOS 15.0.2 hanya datang dari aplikasi Checkra1n.

Checkra1n merupakan aplikasi jailbreak bersifat Semi-Tethered dengan exploit "Hardware-Based" yang tidak dapat dipatch/tambal oleh Apple melalui update iOS versi berapapun. Hal ini menjadikan aplikasi Checkra1n dapat dengan mudah mendapatkan akses jailbreak pada iPhone yang terdampak, yakni mulai dari iPhone 5S hingga iPhone X saja.


Sedangkan untuk pengguna iPhone XR, XS, 11, SE, 12, dan 13 sampai postingan ini ditulis belum ada satupun aplikasi jailbreak yang tersedia di iOS 15.0.2, bahkan sejak iOS 14.4.

Cara Jailbreak dengan Checkra1n

Beruntung, bagi pengguna iPhone 5S atau tepatnya iPhone 6S hingga iPhone X, Checkra1n dapat memberikan harapan akses jailbreak.

Namun, penting diketahui bahwa tidak ada jaminan bahwa jailbreak akan berhasil menggunakan aplikasi Checkra1n.

Sebenarnya dibutuhkan konfirmasi secara resmi dari pihak Checkra1n untuk dukungan versi iOS, namun pengguna memiliki kebebasan untuk mencoba sendiri apakah aplikasi Checkra1n masih bekerja di iOS 15.0.2 atau tidak.

Risikonya, apabila jailbreak gagal maka perangkat akan bootloop dan harus direstore ke pengaturan pabrik yang menyebabkan data-data yang tidak sempat dibackup, akan menghilang secara permanen.

Bagi yang tertarik ingin mencoba jailbreak di iOS 15.0.2 "Do with your own risk!" backup seluruh data-data penting sebelum melanjutkan untuk mencegah kegagalan jailbreak. Berikut tutorial cara jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n: Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n