Status Jailbreak iOS/iPadOS 15.1 untuk iPhone dan iPad

Update besar iOS 15.1 dan iPadOS 15.1 baru saja dirilis. Dalam update kali ini Apple menghadirkan fitur SharePlay, perekaman video ProRes untuk iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max, serta peningkatan atau perbaikan lainnya.


Bagi sebagian kecil pengguna iPhone mungkin tidak sedikit yang bertanya-tanya akan ketersediaan akses jailbreak di iOS/iPadOS 15.1. Lalu bagaimana statusnya saat ini?

Status Jailbreak iOS 15.1

Belum berubah sejak dirilisnya iOS 15 status jailbreak untuk iOS 15.1 belum sepenuhnya tersedia, satu-satunya harapan akses jailbreak di iOS 15.1 hanya bisa didapatkan melalui aplikasi Checkra1n dengan dukungan perangkat yang terbatas.

Checkra1n merupakan aplikasi jailbreak bersifat Semi-Tethered. Meskipun belum ada konfirmasi resmi apakah Checkra1n sudah sepenuhnya mendukung jailbreak iOS/iPadOS 15.1, namun pengguna memiliki kesempatan untuk mencobanya.


Mengapa bisa dicoba sendiri? aplikasi Checkra1n sendiri menggunakan exploit "Hardware-Based" yang tidak dapat dipatch oleh update iOS versi berapapun, hal inilah yang mendasari mengapa aplikasi Checkra1n memiliki kesempatan besar untuk mendukung jailbreak versi iOS terbaru meskipun belum bisa dipastikan.

Bagi yang ingin mencobanya tentu ada risiko yang menunggu, salah satunya adalah perangkat menjadi Bootloop sehingga tidak bisa masuk ke home screen. Meskipun masalah ini dapat dengan mudah diperbaiki dengan me-restore iPhone kembali ke pengaturan pabrik, pengguna akan kehilangan data-data yang ada pada iPhone jika belum dibackup sebelumnya.

Cara Jailbreak iOS 15.1

Nah, Checkra1n sendiri hanya mendukung jailbreak untuk beberapa perangkat saja, di iOS 15 yakni mulai dari iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X.

Bagi yang tertarik, sekali lagi, do with your own risk! segala kesalahan yang terjadi akibat melakukan jailbreak ditanggung masing-masing, backup seluruh data untuk mencegah kehilangan data permanen.