Apa yang Hilang/Terjadi Ketika iPhone Direset?

Pengguna dapat dengan mudah sangat mereset iPhone, iPad, maupun iPod touch mereka sesuai keinginan. Entah ingin menjual atau menyerahkan iPhone tersebut, memperbaiki masalah tertentu, atau sekedar ingin menggunakan iPhone layaknya seperti baru kembali.


Terdapat beberapa pilihan untuk mereset iPhone, seperti mereset total iPhone (seluruh data akan dihapus), mereset seluruh pengaturannya saja (pengaturan yang dibuat akan dikembalikan ke pengaturan bawaan namun data tidak dihapus), serta pilihan untuk mereset pengaturan untuk hal tertentu misalnya pengaturan jaringan, tata susunan layar utama, dsb.

Nah, tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya tentang apa saja yang akan terjadi ketika iPhone direset. Pada postingan kali ini Admin akan membantu menjawabnya.

Mereset Total iPhone

Mereset total iPhone dapat dilakukan melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone lalu pilih Hapus Konten & Pengaturan.


Dengan melakukan reset total atau menghapus konten & pengaturan, seluruh data-data yang ada pada iPhone seperti aplikasi, foto, video, catatan, kontak, dan lain sebagainya akan dihapus. Seluruh pengaturan yang dibuat juga akan dikembalikan ke pengaturan bawaan. Setelah direset iPhone dapat diatur kembali layaknya iPhone baru.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mereset total iPhone serta data-datanya, yakni pengguna disarankan untuk membackup data-data tersebut sebelum melanjutkan sebab seluruh data yang ada pada iPhone yang tidak sempat dibackup akan terhapus secara permanen.

Meski begitu cara ini tidak akan menghapus data-data yang telah tersimpan di akun iCloud.

Keamanan dan iCloud

Password iPhone serta akses ke akun iCloud (untuk logout) dibutuhkan sebelum melanjutkan ke proses reset total. Jika sudah, setelah direset total iPhone dapat secara bebas menggunakan akun iCloud lainnya.

Perlu diketahui bahwa mereset iPhone tanpa akses password dan akun iCloud dapat dilakukan dengan bantuan komputer, tepatnya melalui metode Recovery. Namun ingat setelah proses reset melalui metode Recovery berhasil dilakukan, akses ke password atau akun iCloud yang sebelumnya ada pada iPhone tetap dibutuhkan untuk melanjutkan ke proses pengaturan awal.

Mereset total iPhone juga tidak akan mengembalikan versi iOS ke versi iOS bawaan awal iPhone tersebut.

Reset Total Pengaturan iPhone

Mereset total pengaturan iPhone dapat dilakukan melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang lalu pilih Atur Ulang Pengaturan atau menu lainnya secara spesifik.


Dengan mereset atau mengatur ulang pengaturan iPhone maka seluruh pengaturan yang sudah dibuat atau masukkan seperti pengaturan jaringan, susunan layar utama, layanan lokasi, dan lain sebagainya akan diatur ulang menjadi pengaturan bawaan (default) pabrik. Seluruh data-data seperti foto, aplikasi, kontak, dan lain sebagainya tidak akan dihapus.

Apabila ingin mengatur ulang untuk pengaturan tertentu saja misalnya jaringan atau susunan layar utama, kalian dapat memilih secara spesifik pengaturan apa saja yang mau direset tanpa harus mereset pengaturan iPhone secara keseluruhan.

Kesimpulan..

Bagi yang ingin menghapus total data-data serta mengembalikan pengaturan iPhone layaknya iPhone baru, silakan reset iPhone melalui menu Hapus Konten & Pengaturan.

Sedangkan bagi yang ingin mengatur ulang pengaturan iPhone (pengaturan saja tanpa menghapus data) gunakan menu Atur Ulang Pengaturan atau secara spesifik untuk pengaturan lainnya.