Battery Health iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, 13 Pro Max Cepat Turun

Battery Health atau Kesehatan Baterai merupakan hal yang kini paling sering menjadi kekhawatiran banyak pengguna iPhone. Bagaimana tidak, seperti yang diketahui bahwa semakin rendahnya Battery Health berdampak pada baterai yang semakin boros hingga dapat mempengaruhi fungsi-fungsi iPhone yang tidak bekerja sebagai mana mestinya.


Nah, untuk iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max masih tergolong iPhone baru yang memiliki teknologi terbaik dan sangat canggih saat ini termasuk untuk komponen baterainya.

Hal inilah yang menyebabkan mengapa Battery Health pada jajaran iPhone 13 seharusnya akan semakin awet dan sulit untuk turun secara signifikan dalam waktu yang singkat.

Namun, tidak sedikit juga pengguna iPhone 13 yang melaporkan bahwa Battery Health di iPhone mereka cukup cepat mengalami penurunan. Lalu mengapa hal tersebut bisa terjadi, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Berapa lama Penurunan Battery Health iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max Biasanya Terjadi?

Tidak sedikit pengguna yang cukup panik ketika Battery Health di iPhone mereka turun ke angka 99%. Padahal hal tersebut sangatlah normal.

Ingat apapun yang terjadi, Battery Health iPhone dipastikan akan turun seiring dengan waktu hanya saja ada banyak hal yang menyebabkan waktu penurunan tersebut menjadi sangat lama.

Diperkirakan untuk penggunaan secara normal Battery Health jajaran iPhone 13 dapat menurun hingga 3-5% dalam setahun. Sedangkan untuk penggunaan berat bisa mencapai 5-8%.

Angka tersebut mungkin lebih tinggi untuk iPhone dengan kapasitas baterai kecil seperti iPhone 13 mini dan lebih rendah untuk iPhone berkapasitas baterai besar seperti iPhone 13 Pro Max.

Pada Angka Berapa Battery Health iPhone Dikatakan Buruk?

Battery Health iPhone yang masuk dalam kategori perlu untuk segera diganti sebelum beragam dampak muncul, yakni di bawah 80% atau jika sudah muncul pesan "Service/Servis" atau pesan yang mengindikasikan bahwa penurunan battery health telah terjadi secara signifikan sehingga baterai perlu diganti.


Apa Dampak Penurunan Battery Health?

Dampak paling umum dari penurunan Battery Health iPhone salah satunya seperti:

  • Baterai yang semakin boros
  • iPhone cepat panas
  • iPhone terasa lag
  • iPhone sulit dicharge (tidak mau bertambah)
  • Penurunan baterai yang terjadi secara signfikan dalam waktu yang singkat
  • Yang terburuk, iPhone tidak mau menyala lagi

Mengingat jajaran iPhone 13 menggunakan teknologi yang lebih canggih, dampak di atas mungkin akan minim terasa atau baru akan muncul setelah bertahun-tahun pemakaian (diperkirakan 3-4 tahun).

Apa Penyebab Battery Health iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max Cepat menurun?

Penggunaan iPhone dan pengisian daya ulang baterai adalah faktor pasti yang menyebabkan Battery Health menurun secara perlahan-lahan. Meskipun terjadi dalam waktu yang sangat lama namun hal-hal berikut dapat menjadi faktor yang menyebabkan Battery Health menurun lebih cepat.

  • Sering membiarkan iPhone diisi daya hingga 100% secara terus menerus
  • Sering membiarkan Baterai iPhone hingga benar-benar habis/kosong
  • iPhone sering mengalami panas yang berlebih (overheat)
  • iPhone sangat sering dicharge, misalnya 2-3 kali sehari
  • Penggunaan Charger atau Power Bank berkualitas rendah

Selain faktor-faktor di atas tidak menutup kemungkinan juga Battery Health yang sangat cepat menurun secara tidak normal disebabkan oleh kesalahan produksi.

Tips Menjaga Battery Health iPhone 13, 13 mini, 13 Pro dan 13 Pro Max Tetap Awet

Meskipun Battery Health iPhone sudah pasti menurun seiring dengan waktu dan penggunaan, namun kalian dapat mencoba beberapa tips berikut yang cukup ampuh dalam menghambat dan menjaga penurunan Battery Health iPhone agar tidak cepat menurun.

  • Hindari menggunakan daya baterai hingga benar-benar habis/kosong (membiarkan baterai benar-benar kosong dapat membuat battery health cepat menurun)
  • Segera isi daya iPhone ketika daya baterai menunjukkan angka 20%
  • Hentikan pengisian daya ketika baterai telah mencapai 100% (membiarkan baterai berada di 100% terus-menerus dapat membuat battery health lebih cepat menurun)
  • Apabila memungkinkan, batasi pengisian daya maksimal baterai hingga sekitar 80-90% saja
  • Selalu gunakan charger asli dan berkualitas
  • Sebisa mungkin hindari menggunakan iPhone secara berlebihan ketika sedang diisi daya
  • Hindari panas berlebih pada iPhone

Dengan menerapkan tips-tips di atas kalian dapat memperlambat penurunan battery health iPhone yang diharapkan baterai dapat bertahan hingga bertahun-tahun sebelum benar-benar perlu diganti.