Cara Mengatasi iPhone Tidak Mau Menyala Saat Dicharge

iPhone mati total karena kehabisan baterai atau mati sendiri secara tiba-tiba? sudah dicharge/dicas namun tidak juga mau menyala? jika ya, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara yang dapat kalian coba untuk memperbaikinya.

Jika beruntung iPhone yang mengalami mati total bahkan secara mendadak dapat disebabkan oleh Bug pada sistem sehingga membuat iPhone tidak merespon apapun seolah-olah mati total. Di samping itu untuk penyebab lain biasanya datang dari kerusakan baterai atau komponen yang lainnya.


Nah, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengatasinya.

Restart Paksa iPhone

Retart Paksa atau Force Restart merupakan metode yang digunakan untuk memulai ulang sistem pada iPhone secara paksa agar dapat bekerja dengan normal kembali.

Untuk iPhone 8, X, XR, XS, 11, SE 2, 12, 13, dan lebih baru lainnya:

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu segera lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu segera lepas
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock hingga layar iPhone menampilkan logo Apple

Untuk iPhone 7 dan 7 Plus

  1. Posisikan jari pada tombol Volume Bawah dan tombol Power/Lock
  2. Jika sudah Tekan dan Tahan kedua tombol tersebut hingga layar iPhone menampilkan logo Apple

Untuk iPhone SE, 6S, 6, 5S, dan lebih lama lainnya:

  1. Posisikan jari pada tombol Home dan tombol Power/Lock
  2. Jika sudah Tekan dan Tahan kedua tombol tersebut hingga layar iPhone menampilkan logo Apple

Logo Apple yang tampil pada layar pertanda iPhone telah berhasil direstart dan umumnya iPhone akan berjalan normal kembali.

Apakah iPhone Menampilkan Logo Baterai Lemah?

Jika iPhone menampilkan logo baterai dalam keadaan lemah/habis, coba gunakan Charger yang lainnya. Sebab ada kemungkinan charger yang kalian gunakan mengalami masalah atau kerusakan sehingga iPhone tidak mau mengisi daya.

Namun, apabila Charger lainnya bahkan yang baru pun tidak membuahkan hasil, ada kemungkinan masalah datang dari salah satu komponen pada iPhone, biasanya Baterai.

Biarkan Dicharge Hingga Beberapa Jam ke Depan

Cobalah untuk membiarkan iPhone dicharge hingga beberapa jam ke depan untuk memastikan bahwa Baterai benar-benar terisi.

Apabila iPhone menyala maka kemungkinan masalah datang dari Baterai yang mulai menunjukkan gejala kerusakan. Jika iPhone sudah menyala coba cek Kesehatan Baterai/Battery Health iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Solusi Terakhir

Apabila setelah mengikuti cara-cara di atas iPhone tidak juga mau menyala atau memberikan sinyal kehidupan, maka solusi terakhir yang disarankan adalah dengan membawa iPhone tersebut ke Service Center Apple Authorized di Indonesia atau tempat jasa perbaikan yang sudah terpercaya dan profesional lainnya, agar iPhone dapat dicek lebih lanjut penyebab kerusakannya serta solusi untuk memperbaikinya.

Baik, itu saja informasi cara mengatasi iPhone yang tidak mau menyala saat dicharge. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!