Cara Agar Foto iPhone Tidak Tersimpan ke iCloud

Tidak ingin agar foto ataupun video di iPhone kalian secara otomatis disimpan atau backup ke iCloud? jika ya maka kalian dapat menonaktifkannya secara total dengan sangat mudah.


Bukan hanya foto atau video saja namun data-data lainnya seperti kontak, catatan, kalender, dan lain sebagainya yang terbackup otomatis ke iCloud, dapat dinonaktifkan juga.

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut.

Cara Agar Foto iPhone Tidak Tersimpan ke iCloud

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Lalu masuk ke menu ID Apple, iCloud, Media & Pembelian > iCloud


3. Jika sudah pada menu Foto silakan nonaktifkan menu Foto iCloud


Sebagai catatan apabila muncul pilihan untuk mengunduh salinan foto dari iCloud ke iPhone silakan pilih menu:

  • Unduh Foto & Video apabila kalian ingin memasukkan atau mempertahankan semua foto dan video yang saat ini ada di iCloud ke dalam iPhone
  • Hapus dari iPhone apabila kalian ingin menghapus seluruh foto yang ada di iCloud yang tersimpan di iPhone (foto yang berada di iCloud tidak akan terhapus)


Bagaimana mudah bukan? sekarang foto atau video di iPhone kalian tidak akan dibackup secara otomatis ke dalam iCloud lagi dan tidak akan tampil di perangkat dengan akun iCloud yang sama.

Namun perlu diperhatikan bahwa setelah menonaktifkan Foto iCloud di atas masih ada kemungkinan foto dan video di iPhone kalian tetap akan dibackup ke iCloud melalui menu Cadangan iCloud.

Dalam menu tersebut bukan hanya foto yang dibackup namun data-data aplikasi, pengaturan pada iPhone, nada dering, pesan, dan lain sebagainya akan dibackup dalam satu cadangan.

Untuk menonaktifkannya silakan masuk ke menu iCloud > Cadangan iCloud lalu nonaktifkan menu Cadangan iCloud.