Penyebab Sinyal iPhone No Service/Tidak Ada Layanan

Tidak sedikit pertanyaan dari banyak pengguna soal apa sih yang menyebabkan sinyal iPhone menampilkan status No Service atau Tidak Ada Layanan?


Secara sederhana status tersebut menandakan bahwa iPhone tidak dapat menangkap jaringan dari kartu SIM. Mengapa tidak bisa? penyebabnya cukup beragam, mari kita mulai dari yang paling sederhana.

Masalah Jaringan

Sulitnya menangkap sinyal entah karena cuaca buruk, adanya perbaikan jaringan dari operator yang digunakan, atau sedang berada di daerah terpencil yang sulit mendapatkan jaringan, dapat menyebabkan iPhone kehilangan sinyal sehingga menampilkan status No Service.

Bug pada Sistem

Tidak jarang bug atau kesalahan pada sistem menyebabkan iPhone kehilangan kemampuan dalam membaca kartu SIM atau menangkap jaringan.

Untuk memperbaiki masalah ini cukup mudah, silakan restart iPhone, keluarkan kartu SIM dan pasang kembali, atau reset pengaturan jaringan melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang > Atur Ulang Jaringan.

Selain itu coba juga untuk update iOS pada iPhone ke versi terbaru (gunakan WiFi) melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Kartu SIM Kotor/Rusak

Kartu SIM yang kotor (area Pin kuning) atau rusak dapat menyebabkan koneksi antara iPhone dan kartu SIM terhalang sehingga iPhone tidak dapat menangkap sinyal dengan benar.

Untuk mengatasinya coba bersihkan kartu SIM atau gunakan kartu SIM lainnya.

Kartu SIM Tidak Aktif

Cek kembali apakah kartu SIM yang digunakan masih dalam keadaan aktif atau tidak.

Untuk lebih pastinya kalian dapat memasukkan kartu SIM yang berbeda terutama yang telah terbukti bisa bekerja di HP yang lainnya.

IMEI iPhone Terblokir (Belum Bayar Pajak)

Seperti yang diketahui bahwa sejak tahun 2020 lalu perangkat seluler seperti iPhone yang dibawa atau dibeli dari luar negeri dengan nominal harga tertentu (setau Admin di atas U$500), harus membayarkan pajak terlebih dahulu.

Jika tidak, maka IMEI atau tanda pengenal unik pada iPhone akan diblokir sehingga tidak dapat menggunakan jaringan seluler yang tersedia di Indonesia. Namun ingat, hal ini hanya berlaku untuk perangkat yang dibawa dari luar negeri sejak peraturan IMEI diterapkan.

Nah, IMEI yang terblokir karena belum bayar pajak cukup sering terjadi terutama bagi yang membeli iPhone bekas (misalnya ex inter) atau membawanya sendiri dari luar negeri.

Untuk memastikannya silakan cek apakah IMEI pada iPhone tersebut terdaftar di Kemenperin atau tidak melalui website berikut: https://imei.kemenperin.go.id/

Untuk registrasi IMEI iPhone kalian yang belum membayarkan pajak sehingga jaringannya terblokir, dapat dilakukan melalui Official Website Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

iPhone Terikat Operator Tertentu

Apabila kalian membeli iPhone yang telah terikat kontrak dengan operator tertentu, maka perlu diketahui bahwa secara umum iPhone hanya dapat menggunakan jaringan dari operator tersebut saja.

Mencoba menggunakan kartu SIM dari operator lainnya secara otomatis akan ditolak oleh iPhone sehingga tidak dapat menangkap sinyal dan munculah status No Service.

iPhone Hasil Bypass

iPhone Bypass adalah iPhone yang sebelumnya dalam keadaan terkunci (password tidak diketahui), kemudian dilakukan modifikasi agar dapat mengakses iPhone yang terkunci tersebut dengan tujuan agar iPhone dapat digunakan kembali.

Selain untuk melewati password, Bypass juga berlaku untuk iPhone yang jaringannya terikat oleh operator tertentu dengan tujuan agar dapat menggunakan jaringan dari operator lainnya secara bebas.

Nah, apabila kalian membeli iPhone hasil Bypass tidak menutup kemungkinan bahwa proses Bypass tersebut dapat sewaktu-waktu hilang (biasanya karena update iOS) dan iPhone kembali terkunci.

Kerusakan pada iPhone

Kemungkinan terakhirnya yakni karena adanya kerusakan pada iPhone tersebut, terutama pada komponen yang bertugas untuk mengatur fungsi jaringan.

Penutup...

Bagi yang iPhone-nya dibeli dari di luar negeri dan menampilkan status No Service setelah dibawa ke Indonesia, maka kemungkinan terbesarnya bahwa iPhone tersebut belum membayar pajak sehingga jaringannya terblokir.

Sedangkan biasanya apabila masalah terjadi secara tiba-tiba biasanya perbaikan jaringan atau cuaca yang buruk dapat menjadi penyebab utamanya.

Kemudian apabila masalah muncul setelah mengupdate iOS ke versi terbaru, Bug atau Kesalahan pada sistem hingga kemungkinan iPhone Bypass dapat menjadi penyebabnya.

Oke itu saja informasi penyebab sinyal iPhone No Service atau Tidak ada Layanan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih.