iPhone Sering Mati dan Restart Sendiri Setelah Update iOS

Sebagian kecil pengguna melaporkan bahwa setelah mengupdate ke iOS versi terbaru iPhone mereka seringkali mati tiba-tiba atau restart mendadak dengan sendirinya.


Masalah seperti ini umumnya disebabkan oleh komponen baterai pada iPhone yang sudah tidak lagi dalam kondisi yang baik dan kebetulan menunjukkan gejalanya setelah update, di samping itu penyebab lainnya yakni seperti adanya bug/kesalahan pada update iOS, hingga yang terburuk pertanda bahwa ada kerusakan komponen lainnya pada iPhone.

Sebelum mengambil kesimpulan, kalian dapat mencoba cara-cara di bawah berikut untuk mengatasinya.

Cek Update iOS Terbaru Lainnya

Cek kembali apakah ada tersedia update iOS versi terbaru lainnya? jika ya, coba update iPhone kalian ke iOS versi terbaru yang tersedia tersebut dan lihat hasilnya.

Namun, apabila tidak tersedia silakan lanjutkan ke cara di bawah berikut.

Reset Pengaturan iPhone

Selanjutnya coba reset pengaturan iPhone kembali ke pengaturan pabrik/default tanpa perlu menghapus data-data yang sudah ada.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang lalu pilih menu Atur Ulang Pengaturan.


Cek Kesehatan Baterai iPhone

Kondisi kesehatan Baterai yang sudah memburuk merupakan hal yang seringkali menyebabkan masalah serius pada iPhone, salah satunya yakni iPhone yang sering mati atau restart sendiri.

Kesehatan baterai iPhone dapat dicek melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Apabila dalam menu tersebut sudah muncul peringatan "Pesan Baterai Penting" yang mendeskripsikan kondisi baterai yang buruk dan perlu diganti atau Kapasitas Maksimum telah menunjukkan angka di bawah 80%, maka kemungkinan besar masalah ini diakibatkan oleh komponen baterai pada iPhone sudah bermasalah dan perlu untuk segera diganti ke yang baru.

Ingat, kesehatan baterai iPhone akan terus menurun seiring waktu dan hal ini tidak dapat dicegah.

Reset Total iPhone

Cara ini dapat kalian coba apabila kesehatan baterai iPhone dalam status yang masih baik dan normal.

Apabila mereset pengaturan iPhone saja tidak juga membuahkan hasil, pertimbangkan untuk mereset total iPhone layaknya menjadi seperti baru kembali dengan menghapus seluruh data-data yang ada. Jadi sebelum melanjutkan cara-cara ini silakan backup data-data penting pada iPhone terlebih dahulu, sebab data yang sudah terhapus tidak dapat lagi dikembalikan.

Bagi yang ingin melanjutkan mereset total iPhone silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone lalu pilih Hapus Konten & Pengaturan.


Downgrade ke iOS versi Sebelumnya

Pertimbangkan juga untuk mencoba downgrade versi iOS pada iPhone kalian ke iOS versi sebelumnya.

Namun ingat kalian tidak bisa downgrade ke seluruh versi iOS yang diinginkan, hanya iOS yang masih dibuka jalur installnya (Signed) oleh Apple saja yang dapat diinstall untuk downgrade.

Berhubung caranya cukup panjang, silakan cek cara-caranya melalui postingan berikut: Cara Lengkap Downgrade dari iOS 15 Kembali ke iOS 14

Cara Terakhir

Terakhir apabila sudah mencoba mengupdate ke iOS versi terbaru lainnya, mereset pengaturan, mereset total iPhone, hingga downgrade, namun tidak juga berhasil. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada kemungkinan ada salah satu komponen pada iPhone terutama baterai, sudah menunjukkan gejala kerusakan.

Untuk lebih pastinya disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple yang sudah Authorized di Indonesia atau ke teknisi profesional dan terpercaya lainnya, agar dapat dicek penyebab kerusakan pada iPhone serta solusi mengatasinya.

Oke, itu saja informasi cara mengatasi iPhone yang sering mati dan restart sendiri setelah update ke iOS versi terbaru. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.