Penyebab iPhone Cepat Panas dan Boros Baterai

Tidak sedikit pengguna yang melaporkan bahwa iPhone mereka tiba-tiba menjadi lebih cepat panas dari biasanya serta baterai semakin menjadi boros/cepat habis.

Lalu apa yang menyebabkan hal tersebut dan bagaimana solusi untuk mengatasinya?


Kesehatan Baterai iPhone Menurun Jauh

Salah satu penyebab utama yang seringkali menyebabkan iPhone mengalami panas berlebih serta daya baterai yang semakin boros adalah komponen baterai yang sudah menunjukkan gejala kerusakan.

Untuk mengetahui secara pasti apakah komponen baterai pada iPhone telah mengalami gejala kerusakan silakan cek menu Kesehatan Baterai atau Battery Health melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai (biasanya menu menunjukkan status "Servis")


Apabila muncul/tampil "Pesan Baterai Penting" yang berisikan informasi bahwa kesehatan baterai telah berkurang drastis, maka bisa dipastikan masalah panas berlebih serta boros baterai disebabkan oleh menurunnya Kesehatan komponen Baterai pada iPhone.


Selain itu kalian juga bisa memperhatikan menu Kapasitas Maksimum. Umumnya komponen baterai yang kesehatannya sudah menurun jauh memiliki Kapasitas Maksimum di bawah 80%.

Dampak Kesehatan Baterai iPhone yang Menurun Drastis

Berikut adalah dampak yang biasanya dirasakan pengguna ketika Kesehatan Baterai pada iPhone telah menurun drastis.

  • Baterai menjadi jauh lebih boros
  • Baterai tiba-tiba menurun jauh
  • iPhone lebih cepat panas
  • iPhone semakin lama semakin terasa nge-lag
  • Ketika dicharge baterai sangat lama terisi atau bahkan tidak mau bertambah

Dalam kasus terburuk iPhone bisa saja tiba-tiba mati/restart sendiri bahkan tidak mau menyala lagi apabila Kesehatan Baterai yang sudah menurun jauh tersebut dibiarkan terus menurun.

Solusi Mengatasi Kesehatan Baterai yang Sudah Menurun Drastis

Satu-satunya solusi yang dapat kalian lakukan adalah dengan mengganti komponen Baterai pada iPhone dengan komponen Baterai yang baru.

Setelah komponen Baterai diganti ke yang baru iPhone akan kembali berfungsi dengan normal kembali, selain itu Kapasitas Maksimum baterai juga seharusnya akan kembali menunjukkan angka 100% terutama apabila komponen Baterai pengganti masih dalam kondisi baru.

Untuk mengganti komponen Baterai iPhone kalian dapat mengunjungi Authorized Service Center Apple di Indonesia atau tempat jasa perbaikan yang sudah ahli dan terpecaya lainnya.


Kalian tidak disarankan untuk mengganti komponen Baterai iPhone sendiri karena tingkat kesulitan serta risikonya yang cukup tinggi. (kalian bisa cek di YouTube kira-kira bagaimana langkah-langkah mengganti komponen Baterai iPhone)

Bagaimana Jika Kesehatan Baterai Bagus dan Tidak Bermasalah?

Nah, khusus bagi yang Kesehatan Baterainya ternyata dalam kondisi yang bagus serta misalnya Kapasitas Maksimum masih menunjukkan angka di atas 80% serta tidak ada pesan penurunan Kesehatan Baterai yang drastis, kalian dapat mencoba mengikuti cara-cara di bawah berikut:

  • Restart iPhone
  • Update ke iOS versi Terbaru
  • Reset Pengaturan iPhone
  • Reset iPhone kembali ke Pengaturan Pabrik

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, cek apakah komponen Baterai di iPhone kalian tersebut merupakan komponen Baterai yang baru atau sudah pernah diganti sebelumnya? jika tidak yakin bisa cek melalui postingan berikut: Ciri-Ciri iPhone yang Sudah Pernah Diganti Baterai

Perlu diketahui bahwa komponen Baterai iPhone yang sebelumnya sudah pernah diganti ke komponen yang tidak resmi atau asli dari Apple, dapat menyebabkan menu "Kesehatan Baterai" iPhone tidak melaporkan kesehatan baterai iPhone yang sesungguhnya dengan benar.

Solusi Terakhir...

Apabila ragu dan tidak mau repot-repot kalian dapat langsung membawa iPhone tersebut ke Authorized Service Center Apple di Indonesia atau ke jasa lainnya yang sudah ahli dan terpercaya, agar dapat dicek lebih lanjut penyebab kerusakan serta solusi mengatasinya.

Baik, itu saja informasi penyebab iPhone cepat panas dan boros baterai yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.