Pulsa iPhone Berkurang Sendiri? Mungkin Ini Penyebabnya

Apakah pulsa di iPhone kalian tiba-tiba terpotong sendiri untuk biaya yang tidak diketahui? jika ya, selain adanya biaya langganan yang mungkin kalian tidak sadari, fitur "Bantuan Wi-Fi" mungkin menjadi salah satu penyebabnya lebih khusus apabila kalian menggunakan internet dari WiFi.


Apa itu "Bantuan Wi-Fi"?

Ketika iPhone mendeteksi jaringan WiFi yang digunakan untuk terhubung ke internet bermasalah, lambat, atau tidak mau terhubung dengan baik, maka iPhone secara otomatis akan berpindah menggunakan internet melalui jaringan data seluler hingga jaringan WiFi normal kembali.

Itulah contoh gambaran dari fitur Bantuan Wi-Fi atau WiFi Assist.

Nah, apabila skenario di atas terjadi pengguna yang kartu atau nomornya belum didaftarkan paket internet (khususnya untuk beberapa operator tertentu), secara otomatis beban biaya internet yang digunakan secara otomatis tersebut akan terpotong langsung ke pulsa.

Apabila dicurigai pulsa yang berkurang sendiri memang akibat dari penggunaan data seluler oleh fitur "Bantuan Wi-Fi", kalian dapat menonaktifkan fitur ini melalui aplikasi Pengaturan > Seluler lalu nonaktifkan menu Bantuan Wi-Fi.


Namun apabila masih belum yakin, untuk informasi lebih lanjut kalian dapat mencoba menghubungi layanan bantuan dari masing-masing provider jaringan seluler yang digunakan, agar dapat dilakukan pengecekan apakah pulsa yang akhir-akhir ini digunakan atau terpotong sendiri tersebut, diakibatkan oleh penggunaan internet atau ada hal-hal lainnya seperti langganan otomatis layanan tertentu.