Apakah iPhone 12, 12 mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max Sudah 5G?

Jaringan 5G diketahui berlipat-lipat lebih cepat serta memiliki latensi yang sangat rendah dibandingkan pendahulunya. Itu artinya download file ukuran besar, streaming video kualitas tinggi, hingga bermain game online, dapat dilakukan jauh lebih lancar.


Saat postingan ini ditulis jaringan 5G belum tersedia sepenuhnya di Indonesia, namun, untuk mengantisipasi kehadirannya kita perlu memilih-milih smartphone yang akan dibeli, salah satunya bagi yang mengincar jajaran iPhone 12.

Apakah iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, atau iPhone 12 Pro Max Sudah 5G?

Ya, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, serta iPhone 12 Pro Max sudah mendukung teknologi jaringan 5G.

Sebagai informasi saja, jajaran iPhone 12 merupakan iPhone pertama dari Apple yang mendukung jaringan 5G disusul jajaran iPhone 13 dan iPhone terbaru lainnya.

Meski begitu jajaran iPhone 12 masih tetap bisa menggunakan teknologi jaringan lainnya sebut saja 4G atau bahkan lebih rendah, tergantung dari ketersediaan atau kekuatan sinyal yang tersedia.

Kelebihan dan Kekurangan 5G

Kelebihan dari jaringan 5G tentu saja akses internet yang lebih cepat serta memiliki waktu respon (latensi) yang sangat rendah. Selain itu pengguna juga dapat mengupdate ke iOS versi terbaru hingga melakukan back up data tanpa bantuan WiFi lagi.

Kekurangannya mungkin jaringan 5G akan menggunakan data lebih banyak untuk menyediakan konten berkualitas tinggi serta konsumsi daya baterai yang jadi sedikit lebih boros.

Cara Mengaktifkan 5G di iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max

Pertama-tama pastikan terlebih dahulu bahwa kalian telah menggunakan kartu SIM, layanan, serta paket data untuk jaringan 5G dari operator yang digunakan.

Jika sudah, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengaktifkannya.

1. Buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian masuk ke menu Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara & Data

3. Selanjutnya silakan pilih menu 5G Otomatis atau 5G Aktif


Perbedaannya, dalam kondisi tertentu dengan memilih 5G Otomatis iPhone akan menurunkan kecepatan dari 5G ke LTE/4G untuk menghemat penggunaan baterai. Sedangkan iPhone akan selalu menggunakan jaringan 5G apapun kondisinya apabila kalian memilih 5G Aktif.

Untuk menghemat penggunaan data 5G kalian bisa mengatur modenya melalui menu Seluler > Pilihan Data Seluler > Mode Data.