Tidak Bisa Logout iCloud, Verifikasi Gagal (kesalahan AKAuthenticationError-7005)

iCloud di iPhone, iPad, atau iPod touch kalian gagal dikeluarkan/signout lalu muncul pesan: "Verifikasi Gagal, Operasi tidak dapat diselesaikan (kesalahan AKAuthenticationError-7005.)"?

Contohnya bisa kalian lihat melalui gambar di bawah berikut.


Jika ya, untuk mengatasi masalah tersebut caranya sangatlah mudah. Berikut langkah-langkah yang dapat kalian lakukan.

1. Restart iPhone

Cukup sederhana, silakan matikan iPhone kemudian nyalakan lagi setelah beberapa saat. Jika sudah silakan coba kembali.

2. Gunakan Jaringan Lainnya

Cek koneksi internet yang digunakan apakah tersedia, telah terhubung, atau sedang bermasalah. Jika memungkinkan coba juga gunakan jaringan internet dari sumber lainnya.

3. Reset Pengaturan iPhone

Cara paling ampuh selanjutnya adalah dengan me-reset atau mengatur ulang pengaturan pada iPhone kembali ke pengaturan awal.

Tenang saja cara ini tidak akan menghapus data-data pada iPhone seperti foto, musik, kontak, dll. tetapi pengaturan WiFi, tata letak aplikasi di Home Screen, jaringan tersimpan, dll. akan di-reset.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang lalu pilih menu Atur Ulang Pengaturan.

Solusi Terakhir...

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, coba tunggu beberapa jam ke depan dan coba kembali, ada kemungkinan masalah ini disebabkan oleh gangguan yang datang dari server Apple.

Namun, jika tidak juga berhasil, pertimbangkan untuk menghapus iPhone dari iCloud secara manual atau restore iPhone melalui iTunes jika ingin me-reset total iPhone beserta data-datanya.