Apakah iPhone XR, XS, dan XS Max Sudah Support 5G?

Saat ini kita akan segera memasuki era jaringan 5G dengan akses kecepatan internet tinggi serta waktu respon yang rendah. Streaming video berkualitas tinggi, download update berukuran besar, hingga bermain game online akan menjadi jauh lebih lancar lagi.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak semua model iPhone mendukung jaringan 5G.

Apakah iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max termasuk salah satunya?

Apakah iPhone XR, XS, dan XS Max Sudah Support 5G?


Sayangnya, iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max termasuk jajaran iPhone yang tidak support atau tidak bisa menggunakan jaringan 5G.

Saat ini hanya jajaran iPhone 12, iPhone 13, atau lebih baru lainnya, yang sudah bisa menggunakan jaringan 5G.

Jajaran iPhone 11, iPhone XS termasuk XR, iPhone X, iPhone 8, dan lebih lama lainnya tidak mendukung jaringan 5G.

4G vs 5G

Tidak perlu berkecil hati, sebab untuk saat ini kecepatan jaringan 4G/LTE sebenarnya sudah cukup kencang untuk beragam kebutuhan sehari-hari seperti streaming video, download/update aplikasi, hingga bermain game online tanpa ngelag.

Namun, kembali lagi ke kualitas jaringan yang ditawarkan oleh operator seluler yang kalian gunakan.

Di samping itu sepertinya penerapan dan pemerataan jaringan 5G di Indonesia sendiri akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama, sehingga untuk ke depannya masih banyak waktu untuk mempertimbangkan upgrade ke iPhone yang sudah support 5G.

Kelebihan dan Kekurangan 5G


Salah satu keunggulan utama jaringan 5G terdapat pada kecepatannya yang luar biasa serta latensi atau waktu respon yang rendah.

Dengan menggunakan jaringan 5G, iPhone bisa streaming video berkualitas tinggi, mengupdate iOS, hingga backup data, tanpa bantuan dari WiFi lagi.

Kekurangan dari jaringan 5G datang dari penggunaan baterai serta penggunaan data internet (kuota) yang menjadi jauh lebih boros.

Penutup...

Bagi yang berniat untuk membeli iPhone XR, XS, atau XS Max kalian masih bisa mendapatkan akses internet cepat dari jaringan 4G/LTE yang sebenarnya sudah sangat cukup untuk saat ini bahkan untuk beberapa tahun ke depan.

Namun, bagi yang ingin mengantisipasi kehadiran jaringan 5G, silakan pertimbangkan jajaran iPhone 12, jajaran iPhone 13, atau yang lebih baru lainnya.