Apa Benar iPhone 6 dan 6S Tidak Bisa Pakai WhatsApp Lagi?

Banyak beredar kabar bahwa iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE terhitung sejak 1 November 2021 akan diblokir dan tidak akan dapat menggunakan aplikasi WhatsApp lagi. Apakah benar?


Faktanya, hingga saat ini masih banyak pengguna iPhone 6, 6S, dan SE yang masih bisa pakai aplikasi WhatsApp, bahkan untuk iPhone yang lebih lama lagi seperti iPhone 5S, iPhone 5C, dan iPhone 5.

Lah, kok bisa? berikut penjelasannya...

Apa Benar iPhone 6 dan 6S Tidak Bisa Pakai WhatsApp Lagi?


Kabar yang beredar soal iPhone 6 dan iPhone 6S yang sudah diblokir dan tidak bisa pakai aplikasi WhatsApp lagi tidak sepenuhnya benar.

Mengapa?

Syarat Minimal untuk Menjalankan Aplikasi WhatsApp di iPhone

Untuk menjalankan aplikasi WhatsApp dibutuhkan setidaknya iPhone yang sudah menggunakan sistem operasi iOS 10 atau lebih baru.

Apakah iPhone 6, iPhone 6 Plus, dan iPhone 5S Tidak Bisa WhatsApp Lagi?

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus bahkan iPhone 5S masih mendukung update sistem operasi hingga iOS 12 sehingga aplikasi WhatsApp masih bisa dijalankan.

Ingat, syarat untuk menjalankan aplikasi WhatsApp bukan datang dari model iPhone namun versi iOS yang digunakan, yakni untuk saat ini minimal iOS 10.

Apakah iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE Tidak Bisa WhatsApp?

iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE sampai saat ini bahkan masih mendapatkan update sistem operasi hingga iOS 15, sehingga tentu saja aplikasi WhatsApp masih bisa dijalankan dan mungkin masih akan tetap didukung dalam jangka waktu yang panjang.

Jadi, tidak benar aplikasi WhatsApp di iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE sudah tidak bisa dijalankan lagi saat ini.

Apakah iPhone 5 dan iPhone 5C Tidak Bisa WhatsApp?

Tidak benar, iPhone 5 dan iPhone 5C juga masih bisa menjalankan aplikasi WhatsApp. Mengapa? karena kedua iPhone tersebut masih mendukung update sistem operasi hingga iOS 10 yang merupakan syarat minimal untuk menjalankan aplikasi WhatsApp saat ini.


iPhone yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp


Memang benar jika ada sebagian iPhone SE, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 6 Plus, iPhone 6, bahkan iPhone 5S dan iPhone 5C yang tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp lagi.

Hal tersebut dapat terjadi apabila pengguna iPhone-iPhone tersebut masih bertahan di iOS 9 atau lebih lama dan tidak mau update ke iOS versi terbaru yang tersedia.

Untuk mengatasinya pengguna cukup mengupdate iPhone mereka ke iOS versi terbaru yang tersedia. Mudah bukan?

Versi iOS Bawaan Saat Pertama Kali iPhone Dirilis

iOS bawaan iPhone 6S, iPhone 6S Plus, dan iPhone SE saat pertama kali dirilis dan diperkenalkan ke publik, yakni dimulai dari iOS 9.

Sedangkan iPhone 6 atau iPhone 6 Plus dimulai dari iOS 8, iPhone 5S atau iPhone 5C dari iOS 7, dan iPhone 5 dari iOS 6.

Penutup...


Jadi, tidak sepenuhnya benar ya kalau iPhone 6 dan iPhone 6S serta iPhone lainnya seperti iPhone 5S, iPhone 5C, dan iPhone 5 sudah tidak bisa pakai aplikasi WhatsApp lagi terhitung seja 21 November 2021.

Cukup mengupdate ke iOS versi terbaru yang tersedia dan aplikasi WhatsApp dapat digunakan dengan lancar.

Meski begitu, ingat ada kemungkinan ke depannya syarat untuk menjalankan aplikasi WhatsApp akan meningkat. Tetapi setidaknya tidak signifikan.

Yang diperkirakan akan segera dicabut dukungannya dari aplikasi WhatsApp adalah iPhone yang masih menggunakan iOS 10 yang merupakan syarat dari aplikasi WhatsApp saat ini, yakni iPhone 5 dan iPhone 5C.