Baterai iPhone Berkurang Sendiri saat Ditinggal Tidur/Malam Hari

Baterai di iPhone kalian berkurang sendiri saat tidak digunakan atau ditinggal tidur dari malam hingga pagi hari? hal ini sebenarnya cukup normal dan wajar namun ada batasnya alias tidak terlalu banyak, mungkin sekitar 1% hingga 5%, lebih dari itu tentu ada yang tidak normal.


Apabila daya baterai berkurang cukup banyak dengan sendirinya dan sering terjadi, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengatasinya.

Restart iPhone

Langkah penanganan pertama untuk mencegah apabila hal ini disebabkan oleh Bug atau Kesalahan pada sistem/iOS, silakan restart atau matikan lalu nyalakan iPhone kembali.

Hal ini bertujuan menyegarkan kembali sistem iPhone agar dapat berjalan lebih optimal.

Cek Penggunaan Baterai

Silakan cek aplikasi atau fitur apa saja yang menguras banyak baterai selama iPhone tidak digunakan melalui aplikasi Pengaturan > Baterai.

Tap pada menu Tampilkan Aktivitas untuk melihat aplikasi apa saja yang menguras banyak daya di latar belakang.

Contohnya, melalui gambar di bawah diketahui bahwa aplikasi Mail berjalan di latar belakang selama lebih dari 1 jam sehingga menjadi penyebab baterai cepat habis.


Sinyal Seluler Tidak Stabil

Perlu diketahui bahwa iPhone sendiri akan terus bekerja keras untuk menangkap sinyal seluler agar tetap terhubung meskipun saat tidak sedang digunakan. Itulah sebabnya mengapa saat ditinggal kalian tetap dapat menerima panggilan, telepon, chat, sms, notifikasi, berita dari aplikasi, dan lain sebagainya.

Apabila sinyal seluler sedang tidak stabil atau sulit didapat iPhone akan bekerja jauh lebih keras untuk menangkap dan menstabilkannya. Akibatnya, baterai akan terkuras lebih cepat.

Sebagai solusi, apabila diyakini sinyal sedang sulit didapat entah karena cuaca dan lain sebagainya, pertimbangkan untuk menonaktifkan sementara jaringan seluler dengan mengaktifkan Mode Pesawat. Sebagai gantinya kalian dapat tetap terhubung ke internet melalui jaringan dari WiFi.

Banyaknya Notifikasi yang Masuk

Aplikasi seperti sosial media, chat, atau berita seringkali mengirimkan notifikasi di hampir setiap saat, pertimbangkanlah untuk menguranginya. Mengapa? sebab iPhone akan terus bekerja untuk mengambil, menerima, dan mengirimkan notifikasi dari banyak aplikasi yang secara tidak disadari akan menguras baterai secara perlahan.

Sebagai solusinya silakan kurangi/hapus aplikasi yang tidak benar-benar dibutuhkan lagi terutama aplikasi sosial media, chat, dan berita atau nonaktifkan notifikasinya melalui aplikasi Pengaturan > Pemberitahuan.


Selain itu pertimbangkan juga untuk menonaktifkan fitur "Segarkan App di Latar" agar aplikasi tidak bisa berjalan atau mengambil informasi saat sedang tidak digunakan melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar.

Push dan Fetch Email

Login Email melalui aplikasi Mail bawaan iPhone? jika ya, disarankan untuk menonaktifkan fitur Push dan Fetch. Sebab iPhone akan terus bekerja menerima email baru atau mengambilnya setiap saat secara otomatis dari server email.

Proses ini cukup menguras banyak baterai, maka dari itu pertimbangkan untuk menonaktifkannya dalam arti email baru akan diterima saat aplikasi Mail diakses.

Caranya masuk ke aplikasi Pengaturan > Mail > Akun > Ambil Data Baru lalu matikan fitur Push dan ubah seluruh menu dari Fetch/Otomatis ke Manual.


Nonaktifkan Dengarkan "Hey Siri"

Dengarkan "Hey Siri" adalah fitur yang digunakan untuk memanggil virtual assistant Siri di iPhone melalui suara. Sayangnya fitur ini diketahui cukup mengkonsumsi banyak daya karena iPhone yang selalu stand by menerima input suara.

Jadi, bagi yang ingin mencoba mengurangi baterai yang berkurang sendiri disarankan untuk menonaktifkan fitur "Hey Siri" ini melalui aplikasi Pengaturan > Siri & Pencarian.

Nonaktifkan GPS/Layanan Lokasi

Beragam layanan seperti Find My atau aplikasi Lacak dapat menggunakan layanan lokasi iPhone kapanpun selama fitur ini aktif.

Meskipun disarankan tetap aktif, namun untuk sementara kalian bisa coba menonaktifkan fitur layanan lokasi pada iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi.


Apabila tidak ada perubahan silakan lanjutkan cara di bawah.

Gunakan Mode Daya Rendah

Alih-alih menggunakan cara-cara di atas, kalian dapat menggunakan Mode Daya Rendah untuk menonaktifkan proses-proses latar belakang yang berpotensi menguras banyak baterai.


Namun, perlu diketahui bahwa mode ini akan mengurangi kecerahan maksimal layar dan performa iPhone.

Update ke iOS Terbaru

Selanjutnya coba update versi iOS di iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Apple seringkali memperbaiki beragam bug melalui iOS versi terbaru sehingga iPhone dapat berjalan lebih optimal.

Untuk cek, download, dan update ke iOS versi terbaru silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Apabila silakan download dan install pembaruan tersebut melalui WiFi atau jaringan 5G lalu pastikan juga daya baterai iPhone berada setidaknya 50%.

Cek Kesehatan Baterai

Kesehatan Baterai yang buruk merupakan salah satu penyebab utama baterai iPhone boros bahkan berkurang sendiri ketika tidak sedang digunakan. Terutama apabila daya baterai terkadang sering tiba-tiba menurun drastis tanpa sebab.

Silakan cek Kesehatan Baterai iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.


Apabila Kapasitas Maksimum menunjukkan angka sekitar 80% atau bahkan lebih rendah yang disertai juga dengan pesan penurunan kesehatan baterai yang drastis, hal ini menandakan bahwa Baterai di iPhone tersebut sudah perlu untuk segera diganti ke yang baru.

Penutup...

Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil, baterai iPhone sudah diganti ke yang baru, bahkan saat iPhone dimatikan baterainya berkurang sendiri, ada kemungkinan masalah datang dari salah satu komponen pada iPhone yang bermasalah.

Cek apakah saat dimatikan ada bagian pada iPhone yang menjadi panas/menghangat. Jika ya, maka ada kemungkinan komponen yang berada di area tersebut mengalami kerusakan (shorts) sehingga menyebabkan penggunaan daya berlebih.

Jika kurang yakin, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke authorized service center Apple di Indonesia atau layanan perbaikan terpercaya lainnya untuk dapat dicek lebih lanjut penyebab serta solusi mengatasinya.

Apabila masih dalam masa garansi, pertimbangkan untuk menggaransikannya.