Baterai iPhone Tidak Bertambah dan Stuck di 1% Mati-Nyala Sendiri

Apakah iPhone kalian saat dicas mentok di 1% saja? lalu setelah beberapa saat dicas iPhone tiba-tiba mati/restart kemudian secara ajaib menyala kembali dengan daya baterai yang sama yakni hanya mentok di 1%?

Jika ya, maka Admin sendiri pun belum lama ini baru mengalami masalah yang sama, namun beruntung masalah ini telah berhasil teratasi.

Nah, apabila kalian mengalami masalah yang sama dengan yang Admin alami, cara-cara di bawah berikut mungkin dapat kalian coba untuk memperbaikinya.

Baterai iPhone Stuck di 1% saat Dicharge dan Bootloop


1. Gunakan Charger Lainnya

Silakan coba charger lainnya termasuk kabel atau adaptor, cara ini cukup sederhana namun terkadang sering dilupakan. Apabila tidak berhasil juga, silakan lanjutkan cara-cara di bawah.

2. Bersihkan Lubang Port Charger

Dari banyak pengalaman pengguna yang Admin baca, lubang port charger yang kotor adalah salah satu penyebab umum iPhone sulit atau bahkan tidak mau dicas.

Disarankan untuk membersihkan lubang port charger yang kotor dengan tusuk gigi kayu, jangan gunakan bahan yang dapat mengatarkan listrik seperti besi.

Apabila beruntung maka iPhone dapat mengisi daya dengan normal kembali, namun jika tidak berhasil juga silakan lanjutkan cara di bawah selanjutnya.


3. Ganti Baterai

Sebelum mencobanya silakan cek dulu kesehatan baterai di iPhone kalian untuk memastikan bahwa kemungkinan besar masalah dicurigai memang datang dari baterai.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai apabila sudah menunjukkan status servis atau penurunan terjadi secara signifikan sehingga perlu diganti, maka ada kemungkinan besar baterai pada iPhone kalian tersebut lah yang menjadi penyebabnya.

Apabila memungkinkan kalian dapat mencoba mengganti baterai tersebut sendiri untuk memastikan bahwa masalah memang datang dari baterai, atau jika tidak kalian dapat langsung membawa iPhone tersebut ke service center authorized Apple atau jasa perbaikan iPhone profesional yang sudah terpercaya lainnya untuk dicek kerusakannya lebih lanjut.

4. Kerusakan Port Charger

Jika cara-cara di atas tidak berhasil port charger atau lubang yang digunakan untuk ngecas kemungkinan besar telah mengalami kerusakan.

Port charger yang rusak ini juga menjadi penyebab dari kasus yang Admin alami. Meskipun saat dibongkar tidak menunjukkan gejala-gejala kerusakan fisik, namun setelah diganti ke Charging Port yang baru, iPhone Admin kini dapat dicas dengan normal kembali.

Untuk memperbaiki/mengganti Port Charger merupakan proses yang cukup rumit dan sulit, karena hampir seluruh komponen utama dalam iPhone harus dilepas. Jika begitu, lagi-lagi Admin menyarankan untuk membawanya ke service center authorized Apple atau jasa perbaikan iPhone profesional yang sudah terpercaya agar dicek lebih pasti dibandingkan harus mencobanya sendiri.

5. Kerusakan pada Mainboard

Bagi yang ternyata sudah mencoba seluruh cara-cara di atas tetapi tidak juga membuahkan hasil, ada kemungkinan mainboard di iPhone kalian mengalami masalah/kerusakan.

Pada akhirnya disarankan agar kalian membawa iPhone tersebut ke service center authorized Apple atau jasa perbaikan iPhone profesional yang sudah terpercaya lainnya untuk dicek kerusakan lebih pasti serta solusi mengatasinya.


Penutup...

Ya, itu saja informasi tepatnya pengalaman yang dapat Admin bagikan seputar masalah ketika iPhone tidak mau bertambah atau stuck di 1% saat dicharge dan mengalami bootloop. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mau berbagi tips dan pengalaman mengatasi masalah di atas? langusng saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.