Berikut iPhone yang Sudah Tidak Layak di Tahun 2022

Sedang berencana mencari iPhone di tahun 2022? jika ya ada beberapa model iPhone yang perlu dimasukkan ke dalam daftar untuk dipertimbangkan kembali, sebab model-model iPhone tersebut sudah tidak cukup layak digunakan terutama untuk jangka panjang.

iPhone yang sudah tidak layak ini sebenarnya iPhone yang sudah berusia cukup lama serta tidak lagi mumpuni untuk kebutuhan banyak aplikasi saat ini yang semakin lama semakin berat dan menguras banyak daya.

Nah, iPhone apa saja sih yang sudah tidak layak di tahun 2022 tersebut? dan mengapa dikatakan sudah tidak cukup layak?

iPhone yang Sudah Tidak Layak di Tahun 2022


Berikut adalah daftar iPhone yang sudah tidak layak digunakan lagi di tahun 2022 khususnya untuk penggunaan jangka panjang:

  • iPhone SE
  • iPhone 6S Plus
  • iPhone 6S
  • iPhone 6 Plus
  • iPhone 6
  • iPhone 5S

Tidak Disarankan Meski Masih Layak:
  • iPhone X
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 8
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 7

Mengapa Sudah Tidak Layak Lagi?


1. Sudah Lama Tidak Diproduksi oleh Apple

iPhone X, 8, 8 Plus, 7 Plus, dan 7 memiliki performa yang masih cukup mumpuni di tahun 2022 ini. Sayangnya kelima model iPhone ini sudah lama tidak diproduksi oleh Apple sehingga cukup banyak beredar kondisi second yang berujung rekondisi (bekas servisan) atau sudah pernah diganti baterai.

Hal ini berlaku juga untuk iPhone SE, 6S Plus, 6S, 6 Plus, 6, atau lebih lama lagi, yang membedakan hanya performa yang sudah tidak terlalu kencang untuk kebutuhan beragam aplikasi ke depannya.

2. Performa Lambat

Khusus untuk iPhone SE, 6S Plus, 6S, 6 Plus, dan 6 memiliki performa yang sudah tidak lagi mumpuni di tahun 2022.

Seperti yang diketahui bahwa semakin lama aplikasi akan semakin membutuhkan kinerja smartphone yang tinggi alias semakin berat, sedangkan iPhone SE, 6S Plus, 6S, apalagi yang lebih rendah memiliki performa yang sepertinya sudah tidak cukup layak lagi untuk menghadapi perkembangan aplikasi.

3. Boros Baterai

Semakin berat aplikasi serta teknologi yang sudah cukup jadul membuat iPhone bekerja ekstra keras yang membuat baterai cepat habis alias boros.

Faktor lainnya yakni karena sudah lama tidak diproduksi lagi tentu sudah sangat langka mendapatkan kondisi iPhone dalam daftar di atas yang masih benar-benar baru dari Apple. Hasilnya? beredarlah iPhone Second yang sudah pernah diganti baterai, keawetan baterai pengganti tidak jarang cukup meragukan.

4. Versi iOS dan Dukungan Update

Khusus bagi yang mempertimbangkan untuk mendapatkan iPhone 6 dan 6 Plus perlu diperhatikan bahwa kedua iPhone ini sudah tidak mendapatkan lagi update iOS sejak 12.

Sedangkan usia update iOS dari iPhone SE, 6S Plus, dan 6S diperkirakan akan segera berakhir dalam waktu dekat.

Ingat, semakin banyak fitur serta perubahan pada iOS versi terbaru semakin membuat iPhone yang sudah cukup tua kewalahan dalam menjalankannya yang berujung pada lemot, cepat panas, hingga boros baterai.

Untuk menikmati iOS versi terbaru tanpa masalah diperlukan iPhone yang masih mumpuni (kencang). Hal ini mungkin masih bisa kalian didapatkan melalui iPhone X, 8 Plus, dan 8, sedangkan sudah mulai terlihat cukup meragukan untuk iPhone 7 Plus dan 7.

5. Ketertinggalan Fitur

Selain performa iPhone SE, 6S Plus, dan 6S memiliki fitur yang juga sudah mulai ketinggalan, misalnya hanya memiliki 1 speaker, hasil kamera yang mulai terlihat kurang buruk jika dibandingkan dengan yang baru lainnya, tampilan yang terlihat jadul dengan 1 buah kamera, minim fitur kamera, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Khusus untuk iPhone X, 8 Plus, dan 8 mungkin masih bisa berkompetisi dengan iPhone terbaru lainnya di tahun 2022, meski untuk ke depannya akan segera menyusul menjadi tidak cukup layak lagi. Sedangkan iPhone 7 Plus dan 7 meski masih cukup baik namun sudah tidak lagi direkomendasikan di tahun 2022 karena beragam alasan di atas.

Jadi, iPhone Apa yang Masih Layak di Tahun 2022?


Sudah pernah dibahas melalui postingan berikut: Daftar iPhone yang Masih Layak di Tahun 2022

Secara singkat iPhone yang direkomendasikan dan masih sangat layak digunakan untuk tahun 2022 atau lebih baru adalah iPhone yang masih dalam status diproduksi oleh Apple, seperti iPhone 11, iPhone 12, dan jajaran iPhone 13.

Apabila masih bisa didapatkan dengan kondisi yang benar-benar baru serta harga yang wajar untuk usia dan kondisinya, iPhone 12 Pro Max, iPhone 12 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro, iPhone XS Max, iPhone XS, dan iPhone XR, masih sangat layak digunakan di tahun 2022 atau bahkan lebih lama lagi.