Fast Charging iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max Berapa Watt?

iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max merupakan salah jajaran iPhone yang sudah mendukung fitur Fast Charging atau pengisian daya cepat.


Apple mengklaim Fast Charging mampu mengisi daya iPhone sebesar 50% dalam waktu sekitar 30 menit saja.

Tetapi perlu diketahui bahwa tidak sembarangan Fast Charger bisa mengisi daya iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max dengan cepat. Dibutuhkan charger serta besaran daya khusus yang telah disarankan oleh Apple agar iPhone bisa menjalankan fitur Fast Charging dengan baik.

Fast Charging iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max Berapa Watt?

Agar Fast Charging bekerja dibutuhkan kabel dengan konektor USB-C ke Lightning Apple, berikut contohnya:


Konektor USB-C nantinya akan dihubungkan ke Adaptor Charger sedangkan konektor Lightning dihubungkan ke iPhone.

Untuk daya adaptor charger-nya sendiri dibutuhkan setidaknya 18 Watt agar Fast Charging di iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max dapat berjalan.

Namun, tidak hanya terbatas di 18 Watt saja, pengguna juga dapat menggunakan adaptor Apple dengan daya yang lebih besar lainnya, yakni mulai dari 18 W, 20 W, 29 W, 30 W, 61 W, 87 W, atau 96 W

Tidak perlu khawatir dengan semakin besarnya daya tersebut sebab iPhone akan mengatur atau membatasi daya yang masuk secara otomatis.

Cara Cek Charger iPhone Berapa Watt

Untuk melihat besaran daya pada charger silakan lihat pada bagian label yang tertera pada Charger tersebut.

Berikut adalah contoh adaptor charger Apple berdaya 20 Watt.



Ingat, dibutuhkan setidaknya atau minimal Fast Charger dengan daya sebesar 18 W agar iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max bisa melakukan Fast Charging alias pengisian daya cepat.

Penutup...

Selama proses Fast Charging berlangsung mungkin iPhone akan sedikit menjadi lebih panas. Selain itu untuk mencegah kerusakan pada baterai kecepatan pengisian daya secara otomatis akan melambat saat daya telah mencapai 80% hingga 100%.