Lama Waktu Charge Normal iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max

iPhone 11 kalian butuh waktu berjam-jam untuk dapat ngecharge/mengisi daya hingga penuh? normalnya berapa lama sih pengisian daya baterai iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max berlangsung?


Pengisian daya iPhone sangat tergantung dari besaran daya charger yang digunakan. Kebetulan, seluruh jajaran iPhone 11 sudah mendukung fitur Fast Charging di mana 50% daya dapat terisi dalam waktu sekitar 30 menit saja.

Sayangnya hanya iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max yang hadir dengan fast charger berdaya 18 W, iPhone 11 datang dengan charger standar 5 W yang membuat pengisian daya dapat berlangsung hampir 2x lipat lebih lama.


Perkiraan Waktu Charge iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max

Waktu Charge iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 11 Pro Max memiliki kapasitas baterai terbesar yakni sebesar 3.969 mAh, dengan fast charger berdaya 18 W dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 20 menit untuk mengisi daya hingga penuh.

Waktu Charge iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro memiliki kapasitas baterai sebesar 3.046 mAh, dengan fast charger berdaya 18 W dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 10 menit untuk mengisi daya hingga penuh.

Waktu Charge iPhone 11
  • iPhone 11 memiliki kapasitas baterai sebesar 3.110 mAh, dengan charger standar berdaya 5 W dibutuhkan waktu sekitar 3 jam 30 menit untuk mengisi daya hingga penuh, sedangkan dengan fast charger berdaya 18 W hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit.

Sekali lagi daya charger yang digunakan sangat mempengaruhi waktu charge seluruh jajaran iPhone 11 di atas. Misalnya charger standar 5 W bawaan iPhone 11 membutuhkan waktu lebih dari 3 jam untuk mengisi daya hingga penuh. Sedangkan apabila menggunakan fast charger berdaya setidaknya 18 W waktu pengisian daya dapat berkurang hingga lebih dari 1 jam.

Hal yang Mempengaruhi Lama/Cepat Waktu Charge iPhone


Ingat, waktu charge iPhone dapat berbeda-beda meskipun model dan daya charger yang digunakan sama. Terdapat cukup banyak faktor lain yang mempengaruhi cepat atau lamanya waktu charge, contohnya:

  • Kapasitas baterai iPhone
  • Daya dan kualitas charger yang digunakan
  • Suhu panas pada iPhone dan lingkungan sekitar
  • Aktivitas aplikasi atau proses latar belakang selama iPhone dicharge
  • Kesehatan Baterai (semakin tinggi = normal, semakin rendah = semakin cepat)

Sebagai informasi saja, baterai biasanya akan terisi lebih cepat mulai dari 0% hingga 80% dan akan melambat setelah mencapai angka 80%-100%. Hal ini terjadi untuk melindungi komponen baterai dari risiko kerusakan, sebab seperti yang diketahui bahwa 80%-100% adalah angka di mana baterai berisiko mengalami penurunan kemampuan (penurunan Battery Health) bahkan kerusakan saat sedang dicharge, terutama dalam kondisi panas.


Tips Mempercepat Waktu Charge iPhone 11


Nah, bagi yang ingin mengisi daya iPhone-nya dengan lebih cepat serta optimal, kalian dapat menerapkan beberapa tips dan trik berikut ini.

  • Gunakan lah Fast Charging (setidaknya 18 W) asli bawaan iPhone atau yang berkualitas
  • Hindari memainkan iPhone secara berlebihan ketika sedang dicharge
  • Untuk meredam panas berlebih kalian dapat mencopot case iPhone sementara
  • Gunakan Mode Daya Rendah selama pengisian daya berlangsung
  • Aktifkan Mode Pesawat apabila memungkinkan (menonaktifkan sementara sinyal seluler)

Baik, itu saja informasi mengenai lama waktu charge normal untuk iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.