Perkiraan Lama Waktu Charge iPhone 12, 12 mini, 12 Pro, 12 Pro Max

Tidak sedikit pengguna iPhone yang penasaran kira-kira berapa lama waktu normal yang dibutuhkan untuk nge-charge atau mengisi daya iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, atau iPhone 12 Pro Max dari 0 hingga penuh 100%?

Jawabannya tergantung beragam faktor, yang paling utama adalah daya charger (adaptor) yang digunakan, sebab seluruh jajaran iPhone 12 sudah mendukung Fast Charging atau pengisian daya cepat.

Di samping itu faktor lainnya seperti suhu, aktivitas aplikasi, kesehatan baterai, dan kualitas charger juga sangat mempengaruhi.

Perkiraan Waktu Charge iPhone 12, 12 mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max


Waktu Charge iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 12 Pro Max memiliki kapasitas baterai terbesar yakni sebesar 3.687 mAh, dengan fast charger berdaya 20 W dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk mengisi daya hingga penuh.

Waktu Charge iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro memiliki kapasitas baterai sebesar 2.815 mAh, dengan fast charger berdaya 20 W dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 50 menit untuk mengisi daya hingga penuh.

Waktu Charge iPhone 12
  • iPhone 12 Pro memiliki kapasitas baterai sebesar 2.815 mAh, dengan fast charger berdaya 20 W dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 50 menit untuk mengisi daya hingga penuh.

Waktu Charge iPhone 12 mini
  • iPhone 12 mini memiliki kapasitas baterai sebesar 2.227 mAh, dengan fast charger berdaya 20 W dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 35 menit untuk mengisi daya hingga penuh.

Semakin tinggi kapasitas baterai semakin lama juga pengisian daya berlangsung, meski di iPhone hal tersebut tidak terjadi terlalu signifikan.

Hal yang paling signifikan yang mempengaruhi waktu charge iPhone adalah adaptor atau charger yang digunakan. Sebagai perbandingan dengan adaptor charger berdaya 5 W dibutuhkan hampir 2x lipat lebih lama untuk mengisi daya dibandingkan menggunakan adaptor berdaya 20 W alias Fast Charger.


Hal Lainnya yang Mempengaruhi Waktu Pengisian Daya iPhone


Sekali lagi ingat bahwa waktu charge iPhone dapat berbeda-beda meskipun model dan charger yang digunakan sama, terdapat faktor-faktor tidak terduga yang cukup mempengaruhi, contohnya:

  • Daya dan kualitas charger yang digunakan
  • Suhu panas pada iPhone dan lingkungan sekitar yang mempengaruhinya
  • Aktivitas aplikasi atau proses latar belakang selama iPhone dicharge
  • Kesehatan Baterai (semakin tinggi = normal, semakin rendah = semakin cepat)

Sebagai informasi saja, pengisian daya biasanya aka berlangsung lebih cepat berawal dari 0% hingga 80% dan akan melambat bahkan memakan waktu setengah dari waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya penuh saat pengisian baterai telah berada pada angka 80%-100%.

Hal ini terjadi untuk melindungi baterai dari risiko kerusakan. Sebab 80%-100% adalah angka di mana baterai sangat berisiko mengalami penurunan kemampuan permanen (penurunan Battery Health) atau kerusakan saat dicharge, terutama dalam kondisi yang panas.

Tips Mempercepat Charge iPhone 12


Agar pengisian daya iPhone 12 dapat berlangsung lebih cepat, kalian dapat menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Gunakan lah Fast Charging (setidaknya 20 W) yang asli dan berkualitas
  • Hindari memainkan iPhone secara berlebihan ketika sedang dicharge
  • Untuk meredam panas berlebih kalian dapat mencopot case iPhone sementara
  • Gunakan Mode Daya Rendah semala pengisian daya berlangsung

Bagaimana menurut kalian? untuk iPhone yang kalian gunakan sendiri kira-kira butuh waktu berapa lama untuk diisi hingga benar-benar penuh?