Layar Utama & Terkunci Banyak Menguras Baterai iPhone

Dari laporan penggunaan baterai iPhone ataupun iPad tidak jarang menunjukkan bahwa "Layar Utama & Terkunci" atau "Home & Lock Screen" cukup banyak menguras atau menggunakan daya baterai.

Lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? tidak perlu khawatir pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara untuk mengatasinya dengan sangat mudah.

Mengatasi "Layar Utama & Terkunci" atau "Home & Lock Screen" yang Menguras Banyak Baterai iPhone


Tingginya laporan penggunaan baterai untuk "Layar Utama & Terkunci" atau "Home & Lock Screen" disebabkan oleh proses, sensor, atau fitur tertentu di luar aplikasi, contohnya seperti notifikasi, tingkat kecerahan layar, layanan lokasi, fetch/push email, dan lain sebagainya.

Apabila kalian lebih banyak menghabiskan waktu di luar aplikasi misalnya mencoba-coba fitur pada iPhone, penggunaan baterai yang tinggi mungkin adalah hal yang wajar-wajar saja. Namun bagaimana jika tidak? untuk mengatasi masalah tersebut kalian dapat mencoba tips dan trik ampuh di bawah berikut ini.

iPhone Baru?


Apabila kalian baru saja membeli iPhone dan melakukan banyak pengaturan cukup wajar jika penggunaan baterainya tinggi, sebab pengguna umumnya akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengatur letak aplikasi, mengatur widget, mencoba-coba gestur pada iPhone, mencoba pintasan pada control center, dan lain sebagainya.

Di samping itu karena pengguna tidak terfokus membuka/mengakses aplikasi, wajar saja jika persentase penggunaan baterai untuk "Layar Utama & Terkunci" atau "Home & Lock Screen" terlihat lebih tinggi.

Kunci-Otomatis Terlalu Lama

iPhone secara otomatis akan terkunci apabila mendeteksi tidak digunakan lagi dalam waktu tertentu, umumnya 1 menit.

Namun, apabila kalian mengatur waktu kunci tersebut terlalu lama ada kemungkinan layar iPhone terbangun secara otomatis dan memakan waktu yang lama untuk terkunci kembali, sehingga hal ini menyebabkan tingginya penggunaan baterai untuk "Layar Utama & Terkunci" atau "Home & Lock Screen".

Untuk mengatur Kunci-Otomatis silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Kunci-Otomatis lalu pilih waktu yang diinginkan.


Terlalu Banyak Notifikasi Masuk

Banyaknya notifikasi yang masuk dari beragam aplikasi merupakan salah satu faktor utamanya. Seperti contoh notifikasi yang masuk secara otomatis akan membangunkan layar iPhone, mengeluarkan bunyi tanda notifikasi, hingga membuat iPhone bergetar.

Nah, apabila notifikasi sering muncul hampir di setiap saat maka tidak heran jika penggunaan baterai untuk "Layar Utama & Terkunci" atau "Home & Lock Screen" dilaporkan tinggi.

Solusinya? silakan nonaktifkan notifikasi untuk aplikasi yang sekiranya tidak penting atau dibutuhkan melalui aplikasi Pengaturan > Pemberitahuan.


Terlalu Banyak Widget

Widget adalah salah satu faktor utama yang juga menjadi penyebabnya, terutama untuk Widget yang selalu berjalan atau meng-update datanya setiap beberapa waktu sekali misalnya seperti Widget Cuaca, Maps, Berita, dan lain sebagainya.

Untuk itu disarankan untuk mengurangi jumlah Widget dan menggunakan yang penting-penting saja.

Nonaktifkan Siri dan Saran Siri

Apabila kalian menggunakan Virtual Assistant Siri tidak menutup kemungkinan iPhone akan selalu stand by untuk menerima perintah suara sehingga cukup menguras banyak baterai. Untuk itu jika tidak terlalu diperlukan atau bahkan jarang digunakan kalian dapat menonaktifkan fitur Siri tepatnya Dengarkan "Hey Siri" melalui aplikasi Pengaturan > Siri & Pencarian lalu nonaktifkan menu Dengarkan "Hey Siri".

Selain itu pertimbangkan juga untuk menonaktfikan fitur Saran Siri yakni dengan menonaktifkan seluruh menu yang terdapat pada "Saran Siri" dan "Konten dari Apple" contohnya lihat gambar di bawah berikut.


Nonaktifkan Fitur Angkat-Bangun

Angkat-Bangun atau Raise to Wake adalah fitur untuk mendeteksi apabila iPhone sedang diangkat sehingga secara otomatis membuat layar iPhone menyala.

Ada kemungkinan saat berada di tas, saku baju/celana, dan lain sebagainya, iPhone mendeteksi bahwa ia sedang diangkat sehingga menyalakan layarnya secara otomatis.

Meskipun kemungkinannya sangat kecil, untuk pengguna iPhone 6S atau lebih baru kalian dapat mencoba menonaktifkan fitur ini melalui aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.

Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan Layar yang tinggi secara tidak langsung juga akan meningkatkan penggunaan baterai iPhone bahkan secara signifikan, untuk itu disarankan untuk mengurangi kecerahan layar iPhone.

Atur Push dan Fetch Akun Menjadi Secara Manual

iPhone secara otomatis akan mengambil/menerima data baru dari server untuk beragam layanan seperti Kalender, iCloud, hingga Email. Untuk menghemat penggunaan Baterai, pengguna dapat mengaturnya menjadi Manual saja.

Caranya langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Mail > Akun > Ambil Data Baru lalu nonaktifkan fitur "Push" dan ubah seluruh menu "Fetch" menjadi Manual.


Nonaktifkan Segarkan App di Latar

Aplikasi tertentu dapat berjalan dan meng-update datanya di latar belakang yang mana dapat cukup menguras banyak baterai, untuk itu coba nonaktifkan fitur ini melalui Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar Belakang.

Nonaktifkan Konektivitas yang Sedang Tidak Digunakan

Konektivitas yang sedang tidak digunakan seperti Bluetooth, WiFi, hingga Data Seluler dapat menghemat baterai cukup banyak.

Selain itu pertimbangkan juga untuk menggunakan Mode Pesawat (menonaktifkan jaringan seluler secara total) saat koneksi sedang buruk.

Gunakan Mode Daya Rendah

Nah, untuk menonaktifkan seluruh fitur yang berpotensi menggunakan banyak daya di latar belakang secara instan, termasuk mengurangi kecerahan layar maksimal, membatasi performa maksimal, menonaktifkan backup, download, atau update otomatis, silakan aktifkan melalui icon baterai di pusat kontrol atau masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai lalu aktifkan menu Mode Daya Rendah.


Update ke iOS Versi Terbaru

Terakhir, kalian dapat mencoba update ke iOS versi terbaru untuk memperbaikinya. Ada kemungkinan versi iOS yang kalian gunakan sekarang memiliki bug atau masalah yang menyebabkan penggunaan daya pada "Layar Utama & Terkunci" atau "Home & Lock Screen" terlampau tinggi.

Caranya buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, jika tersedia silakan download dan install update terbaru tersebut.

Penutup...

Bagaimana apakah cara, tips, dan trik di atas sudah membuahkan hasil?

Apabila ada yang mungkin mau menambahkan, sampaikan, atau tanyakan langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih.