Berapa Lama Waktu Charge iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max?

Penasaran berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh jajaran iPhone 13 untuk charge atau mengisi daya hingga penuh? jika ya, pada postingan kali ini Admin akan membagikan waktu perkiraannya.

Namun ingat, perkiraan ini tidak dapat disamakan seutuhnya ya, ada banyak faktor yang mempengaruhi waktu charge iPhone bahkan perbedaannya bisa hingga 2x lipat lebih lama.

Perkiraan Waktu Charge iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max


Waktu Charge iPhone 13 Pro Max
  • iPhone 13 Pro Max memiliki kapasitas baterai terbesar yakni sebesar 4.352 mAh, dengan fast charger berdaya 20 W dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 15 menit untuk pengisian daya dari 0 hingga 100% (penuh).

Waktu Charge iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 Pro memiliki kapasitas baterai sebesar 3.095 mAh, dengan fast charger berdaya 20 W dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit untuk pengisian daya dari 0 hingga 100% (penuh).

Waktu Charge iPhone 13
  • iPhone 13 Pro memiliki kapasitas baterai sebesar 3.240 mAh, dengan fast charger berdaya 20 W dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk pengisian daya dari 0 hingga 100% (penuh).

Waktu Charge iPhone 13 mini
  • iPhone 13 mini memiliki kapasitas baterai sebesar 2.438 mAh, dengan fast charger berdaya 20 W dibutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit untuk pengisian daya dari 0 hingga 100% (penuh).

Semakin rendah daya charger yang digunakan maka waktu pengisian daya juga akan menjadi semakin lambat.

Jadi jangan heran ya, bagi yang ternyata masih menggunakan charger bawaan iPhone lama dengan daya sebesar 5 W waktu charge yang dibutuhkan dapat meningkat hingga dua kali lipat lebih lama.


Hal yang Mempengaruhi Waktu Charge iPhone


Ingat waktu yang dibutuhkan untuk charge baterai iPhone hingga penuh tidak dapat disamakan dengan yang lain meski model iPhone dan daya chargernya sama.

Terdapat banyak faktor lainnya yang cukup mempengaruhi waktu charge seperti:

  • Daya charger yang digunakan
  • Kualitas charger
  • Suhu iPhone dan lingkungan sekitar
  • Aktivitas iPhone selama dicharge
  • Kesehatan Baterai (semakin tinggi = normal, semakin rendah = semakin cepat)

Perlu diketahui juga bahwa pengisian daya biasanya akan berlangsung jauh lebih cepat berawal dari 0% hingga 80%, sedangkan akan melambat bahkan memakan waktu setengah dari waktu yang dibutuhkan untuk pengisian daya penuh saat pengisian baterai berada pada angka 80%-100%.

Hal ini terjadi tidak lain adalah untuk melindungi kerusakan komponen baterai, sebab 80%-100% adalah angka di mana baterai cukup berisiko mengalami penurunan kemampuan hingga risiko kerusakan saat sedang dicharge terutama dalam kondisi yang panas.

Cara Mempercepat Waktu Charge iPhone 13


Ingin mengisi daya iPhone 13 dengan lebih cepat? kalian dapat mengikuti beberapa tips berikut ini.

  • Gunakan Fast Charging (setidaknya 20 W) yang berkualitas atau asli
  • Hindari memainkan iPhone saat dicharge
  • Lepas Case untuk membuang panas berlebih
  • Aktifkan Mode Daya Rendah

Bagaimana menurut kalian? apakah waktu charge yang dibutuhkan iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max termasuk cukup cepat atau lama? menurut Admin sih normal ya, mengingat daya tahan baterai dari jajaran iPhone 13 termasuk yang paling awet dan cukup besar untuk saat ini.