Tips Mengatasi Baterai Boros di iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max

Bagi pengguna yang merasakan baterai boros di iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max, pada postingan kali ini Admin akan membagikan tips dan trik untuk mengatasinya.

Borosnya baterai pada iPhone dapat disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari sistem atau aplikasi hingga faktor eksternal seperti panas berlebih. Untuk mengatasinya, langsung saja simak ulasan di bawah berikut.

Terjadi pada iPhone Baru?


Nah, tidak sedikit keluhan baterai boros datang ketika pengguna baru saja menggunakan dan mengatur iPhone tersebut. Padahal, hal ini terbilang cukup wajar mengingat iPhone mulai menyesuaikan dengan pengaturan yang baru saja dibuat sehingga menghasilkan panas berlebih serta mengkonsumsi cukup banyak daya baterai.

Umumnya hal ini terjadi hanya beberapa hari saja, setelahnya iPhone akan normal kembali setelah penyesuaian pertama telah berhasil dilewati.


Restart iPhone

Tidak menutup kemungkinan versi iOS yang kalian gunakan mengalami bug atau kesalahan sehingga menyebabkan konsumsi baterai berlebih.

Untuk penanganan pertamanya kalian dapat coba me-restart iPhone tersebut, sederhananya silakan matikan lalu nyalakan kembali atau kalian dapat menggunakan metode Force Restart berikut:

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu segera lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu segera lepas
  3. Tekan dan Tahan tombol Power/Lock hingga iPhone restart atau menampilkan logo Apple

Setelah restart silakan cek lagi hasilnya.

Kecerahan Layar Terlalu Tinggi

Kecerahan layar yang terlalu tinggi atau terang sangatlah berpengaruh terhadap daya tahan baterai. Selain itu panas berlebih yang dihasilkan oleh layar yang terlalu terang juga akan menyerap lebih banyak daya.


Jadi untuk mengurangi borosnya baterai silakan kurangi kecerahan layar di iPhone kalian. Cara ini diketahui cukup signifikan untuk mengurangi borosnya baterai serta panas berlebih yang dihasilkan oleh iPhone.

Proses Backup dan Update Otomatis

Ketika terhubung ke jaringan WiFi yang dibarengi dengan daya baterai yang cukup banyak, iPhone akan memulai proses backup data ke iCloud atau update aplikasi dan iOS secara otomatis.

Jaringan WiFi yang buruk atau lambat membuat proses backup dan download terhenti atau memakan waktu yang lama sehingga daya baterai terkuras lebih banyak.

Untuk mengatur (mengaktifkan/menonaktifkan) proses Backup dan Update otomatis, kalian dapat masuk ke aplikasi Pengaturan > App Store (untuk aplikasi), Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak (untuk iOS), dan Pengaturan > ID Apple, iCloud, Media & Pembelian > iCloud (backup data-data seperti Foto, Kontak, dll.).

Jaringan Buruk/Tidak Stabil

Sinyal atau Jaringan seluler yang sedang buruk atau susah didapat akan menguras kinerja iPhone yang mencoba mencari dan menstabilkannya.

Untuk itu kalian dapat menonaktifkan sementara jaringan seluler dengan mengaktifkan Mode Pesawat hingga sinyal stabil kembali. Btw dengan menerapkan cara ini iPhone dapat menghemat baterai hingga 30% lebih lama loh.

Matikan Konektivitas yang Sedang Tidak Digunakan

Konektivitas seperti Bluetooth atau WiFi yang sedang tidak digunakan/berjalan, dapat menguras baterai karena jaringan akan selalu melakukan scan terhadap ketersediaan perangkat untuk terhubung.

Untuk itu, jika tidak tidak sedang digunakan kalian dapat menonaktifkan fitur Bluetooh dan WiFi.


Nonaktifkan Proses Latar Belakang Aplikasi

Beberapa aplikasi dapat berjalan sendiri di latar belakang untuk mengambil atau memperbarui informasi tanpa harus dibuka terlebih dahulu sehingga menyebabkan penggunaan daya baterai pun ikut meningkat.

Solusinya kalian dapat menonaktifkan proses latar belakang ini melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar.

Fetch dan Push

Fetch dan Push akan mengambil atau memperbarui informasi pada layanan termasuk email yang ada pada iPhone secara terus-menerus. Fitur ini bisa dikatakan cukup banyak mengkonsumsi baterai.

Sebelum menonaktifkannya perlu diketahui bahwa layanan seperti Email nantinya harus dibuka terlebih dahulu secara manual untuk mendapatkan pesan atau update terbaru.

Jika tidak keberatan silakan nonaktifkan fitur Fetch dan Push melalui aplikasi Pengaturan > Mail > Akun > Ambil Data Baru lalu nonaktifkan menu "Push". Setelah itu ubah seluruh pengaturan dari "Fetch" ke "Manual" dan dari "Secara Otomatis" ke "Secara Manual".



Aktifkan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah adalah fitur pada iPhone yang digunakan untuk menghemat penggunaan baterai dengan cara menonaktifkan proses-proses yang berpotensi menggunakan banyak daya. Contohnya menonaktifkan download/update otomatis, mengurangi kecerahan layar serta performa maksimal iPhone, membatasi waktu kunci otomatis layar, dan lain sebagainya,

Mode ini dapat menjadi solusi cepat bagi yang tidak ingin menonaktifkan beragam fitur seperti download/update otomatis, fetch dan push layanan, dll. secara manual. Meski begitu kecerahan maksimal serta performa iPhone akan dibatasi selama mode ini aktif.

Ketika terhubung ke pengisian daya atau baterai mencapai di atas 80% maka fitur ini secara otomatis akan dinonaktifkan.

Update ke iOS versi Terbaru

Untuk mencegah kemungkinan masalah memang disebabkan oleh versi iOS yang digunakan oleh iPhone kalian saat ini, disarankan untuk mencoba meng-updatenya ke versi terbaru yang tersedia saat ini.

Caranya siapkan baterai di atas 50% (disarankan sambil dicharge) serta jaringan internet dari WiFi atau 5G, kemudian cek, download, serta install update terbaru jika tersedia melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Cek Kesehatan Baterai

Salah satu faktor yang terkadang tidak disadari sangat mempengaruhi performa dan daya tahan baterai iPhone adalah Kesehatan Baterai. Kesehatan Baterai iPhone dapat dicek melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.


Semakin rendah angka Kapasitas Maksimum yang ditunjukkan oleh Kesehatan Baterai iPhone itu berarti semakin sedikit juga daya yang dapat ditampung oleh baterai sehingga membuat iPhone terasa lebih boros.


Penutup...

Bagaimana apakah dengan menerapkan salah satu dari cara-cara di atas boros baterai di iPhone kalian sudah teratasi?

Ingat ya, kalian tidak dapat membandingkan keawetan baterai untuk iPhone 13 Pro Max, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 mini, sebab masing-masing model iPhone tersebut memiliki daya tahan baterai yang berbeda beda.