Cara Mengatasi Baterai iPhone 11 & 11 Pro yang Cepat Habis / Boros

Bagi kalian pengguna iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang mengalami masalah pada baterai yang cepat habis dan boros, pada postingan kali ini admin akan membagikan cara-cara mengatasinya.


Perlu diketahui daya tahan baterai pada iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max saat postingan ini ditulis masih merupakan yang terbaik diantara iPhone lainnya. Dan berikut adalah dokumentasi perkiraan daya tahan baterai seperti yang dikutip dari situs Apple.com

Baca Juga : Cara Mengatasi iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max Cepat Panas

iPhone 11 (1 jam lebih lama dibandingkan iPhone Xr)

  • Pemutaran video: 17 jam
  • Pemutaran video (streaming): 10 jam
  • Pemutaran audio: 65 jam

iPhone 11 Pro (4 jam lebih lama dibandingkan iPhone Xs)

  • Pemutaran video: 18 jam
  • Pemutaran video (streaming): 11 jam
  • Pemutaran audio: 65 jam

iPhone 11 Pro Max (5 jam lebih lama dibandingkan iPhone Xs Max)

  • Pemutaran video: 20 jam
  • Pemutaran video (streaming): 12 jam
  • Pemutaran audio: 80 jam

Ketiga model iPhone tersebut juga sudah mendukung pengisian daya cepat hingga 50% dalam waktu 30 menit saja.

Namun apa jadinya jika daya tahan baterai pada iPhone 11 kalian menjadi sangat boros dan cepat habis bahkan hanya bertahan beberapa jam saja setelah diisi daya penuh? lalu bagaimana cara mengatasinya?

Restart iPhone Kalian

Cara Penanganan Pertama yang paling sederhana adalah dengan merestart iPhone kalian, hal ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan mematikannya seperti biasa kemudian dinyalakan kembali.

  • Tekan dan Tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan hingga muncul menu untuk mematikan iPhone

Atau dengan Force Restart (lakukan cara dibawah secara cepat)

  • Tekan tombol Volume Atas
  • Tekan tombol Volume Bawah
  • Terakhir Tekan dan Tahan tombol Power / Samping hingga iPhone Restart dan Menampilkan logo Apple

Cek Kesehatan Baterai

Selanjutnya silakan cek kesehatan baterai pada iPhone 11 kalian melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai. Jika sudah silakan cek kapasitas maksimum yang dapat ditampung oleh Baterai. Apabila sudah menunjukkan angka di bawah 80% kemungkinan besar borosnya baterai pada iPhone kalian dapat disebabkan oleh rendahnya kesehatan / kapasitas maksimum baterai.


Kesehatan / Kapasitas maksimum baterai merupakan indikasi yang menunjukkan sisa daya tampung dari baterai itu sendiri. iPhone yang masih baru tentu saja memiliki kapasitas maksimum 100%, seiring penggunaan kapasitas maksimum ini akan mengalami penurunan dan penurunan ini menyebabkan masa pakai baterai yang menjadi lebih singkat dibandingkan sebelumnya.

Baca Juga : Penyebab Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun

Sebagai contoh iPhone 11 baru memiliki daya tampung baterai sebesar 3000 mAh (kapasitas maksimum 100%), seiring dengan berjalannya waktu kesehatan baterai iPhone menurun dan kapasitas maksimumnya juga ikut menurun misalnya saja menjadi 80% saja. Ini artinya baterai yang tadinya dapat menampung daya sebesar 3000 mAh (100%) kini menjadi hanya 2400 mAh saja (80%). Hal tersebutlah mengapa kesehatan baterai iPhone merupakan kunci dari boros atau tidaknya baterai iPhone.

Nonaktifkan Fitur yang Memakan Banyak Baterai

Sadar tidak sadar ada beberapa hal yang mungkin tidak kalian sadari yang ternyata dapat menyebabkan baterai pada iPhone 11 kalian menjadi jauh lebih boros. Untuk mengatasinya silakan nonaktifkan beberapa hal tersebut, apa sajakah itu?

#1 : Nonaktifkan Segarkan App di Latar

Fitur ini berujuan untuk mengizinkan aplikasi berjalan dilatar belakang meskipun sedang tidak digunakan, silakan nonaktifkan fitur ini melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar > Segarkan App di Latar (lagi) lalu pilih menu Mati.


#2 : Nonaktifkan Konektivitas yang Sedang Tidak Digunakan

Apabila kalian sedang tidak menggunakan headphone bluetooth atau hal-hal yang berhubungan dengan bluetooth silakan nonaktifkan koneksi Bluetooth tersebut. Begitu juga dengan WiFi atau Data Seluler, jika sedang menggunakan salah satu koneksi tersebut, silakan nonaktifkan menu yang lainnya.

#3 : Kurangi Kecerahan Layar

Salah satu hal yang mungkin paling berpengaruh diantara yang lainnya adalah kecerahan layar, menggunakan kecerahan layar yang tinggi sangatlah berpengaruh pada daya tahan baterai iPhone, jadi pastikan untuk mengurangi kecerahan layar iPhone saat sedang berada di dalam ruangan atau gunakan fitur kecerahan otomatis yang bisa kalian aktifkan pada aplikasi Pengaturan > Umum > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Kcerahan Otomatis.

#4 : Nonaktifkan Download Otomatis

Download aplikasi otomatis juga dapat menyebabkan penggunaan baterai berlebih, silakan nonaktifkan fitur tersebut melalui aplikasi Pengaturan > App Store > Pengunduhan Otomatis.

#5 : Nonaktifkan Fetch dan Push Email

Apabila kalian menggunakan email di iPhone silakan nonaktifkan fitur Fetch dan Push, namun perlu diperhatikan setelah menonaktifkan kedua fitur tersebut kalian perlu secara manual membuka aplikasi Mail untuk melihat email yang masuk. Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Mail > Akun > Ambil Data Baru jika sudah silakan nonaktifkan menu Push dan ubah seluruh menu dari Fetch menjadi Manual.

#6 : Nonaktifkan fitur Angkat-Bangun

Secara otomatis layar pada iPhone kalian akan menyala ketika diangkat, apabila tidak terlalu penting kalian bisa menonaktifkan fitur ini melalui aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Angkat-Bangun.

#7 : Nonaktifkan Saran Siri

Saran siri akan menganalisa bagaimana cara kalian dalam menggunakan iPhone dan menyarankannya kepada kalian saat sedang mengakses menu Pencarian, Berbagi App ataupun Papan Ketik. Fitur ini bisa dikatakan cukup memakan banyak daya, jadi silakan nonaktifkan melalui aplikasi Pengaturan > Siri & Pencarian kemudian nonaktifkan seluruh menu pada Saran Siri.


#8 : Nonaktifkan Penyegaran Podcast

Sering menggunakan aplikasi Podcast di iPhone? silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Podcast kemudian pilih menu Segarkan Setiap lalu pilih Secara Manual. Hal tersebut akan membantu iPhone menghemat penggunaan baterai.

#9 : Nonaktifkan Zoom Perspektif pada Wallpaper

Jika diperhatikan wallpaper pada iPhone dapat sedikit bergerak mengikuti posisi iPhone hal tersebut diakibatkan oleh fitur Zoom Perspektif. Untuk lebih menghemat penggunaan baterai silakan nonaktifkan fitur tersebut dengan cara, saat menerapkan wallpaper silakan tap menu nonaktifkan menu Zoom Perspektif yang terdapat pada bagian tengah.

#10 : Nonaktifkan Layanan Lokasi yang Tidak Digunakan

iPhone kalian mungkin akan menggunakan layanan lokasi disetiap saatnya, yang mana fitur ini akan memakan cukup banyak daya baterai. Namun tenang agar tidak berefek pada fitur keamanan Pencarian iPhone silakan nonaktifkan layanan yang tidak diperlukan saja melalui aplikasi Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi > Layanan Sistem kemudian nonaktifkan semua menu "Kecuali" menu Bagikan Lokasi Saya, Cari iPhone Saya dan Mengatur Zona Waktu.

#11 : Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi yang Tidak Digunakan

Apabila ada aplikasi yang jarang kalian gunakan namun seringkali mengirimkan notifikasi, silakan nonaktifkan notifikasi untuk aplikasi tersebut, caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Pemberitahuan lalu cari aplikasi yang diinginkan kemudian nonaktifkan menu Izinkan Pemberitahuan.

Gunakan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah membantu kalain menghemat penggunaan baterai dengan menonaktifkan fitur-fitur yang memakan banyak daya baterai. Banyak dari fitur yang dinonaktifkan ini termasuk dari yang sudah admin jelaskan di atas.

Untuk menyalakan mode daya rendah silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah.


Perlu diingat mode daya rendah secara otomatis akan diaktifkan ketika baterai berada pada level di bawah 20% dan akan dinonaktifkan saat sudah diisi daya dan mencapai level 80%.

Gunakan Mode Gelap

Khusus bagi pengguna iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, karena keduanya telah menggunakan layar OLED, kalian dapat menggunakan Mode Gelap untuk mengemat penggunaan baterai. Kenapa bisa begitu? sebab layar OLED saat menampilkan warna hitam sebenarnya akan menonaktifkan sebagian layarnya (pixel pada layar), sehingga kalian akan mendapatkan tampilan warna hitam yang benar-benar hitam, disamping itu hal ini juga dapat berimbas pada lebih hematnya penggunaan daya baterai yang cukup signifikan.


Update ke iOS versi Terbaru

Selanjutnya sangat disarankan untuk mengupdate iOS kalian ke versi terbaru untuk menjaga agar sistem pada iPhone tetap optimal. Caranya pastikan sebelumnya iPhone kalian telah terhubung ke jariangan WiFi, jika sudah langsung saja masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk memeriksa dan mendownload pembaruan apabila tersedia.


Hapus Aplikasi yang Tidak lagi Digunakan

Terakhir apabila sudah tidak ada lagi aplikasi yang tidak digunakan, terutama aplikasi media sosial atau chat, silakan hapus aplikasi tersebut agar tidak memakan daya baterai.

Solusi Terakhir

Apabila baterai pada iPhone 11 kalian tidak kunjung membaik setelah mengikuti cara-cara di atas atau mengalami gejala lainnya seperti mudah panas, sering restart sendiri, aplikasi sering keluar tiba-tiba dan lain sebagainya, silakan cek kembali kesehatan baterai pada iPhone kalian. Apabila sudah berada dibawah angka 70% atau sudah mendapatkan peringatan:

iPhone ini telah dimatikan tiba-tiba karena baterai tidak dapat menghantarkan daya puncak yang diperlukan. Manajemen kinerja telah diterapkan untuk membantu mencegah ini terjadi kembali. Nonaktifkan…

Silakan ganti baterai pada iPhone kalian dengan baterai yang baru, pastikan untuk mengganti baterai dengan yang asli alias original resmi dari Apple.

Baca Juga : Berikut Batas Kesehatan Baterai iPhone Yang Baik Sebelum Perlu Diganti

Baik itu saja cara-cara mengatasi baterai pada iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max yang cepat habis dan boros. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.