iPhone XR, XS, dan XS Max Apakah Masih Layak, Sampai Kapan?

Dirilis pada tahun 2018 yang lalu, iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max saat ini bisa dikatakan sudah berusia cukup lama sejak pertama kali diperkenalkan.

Namun, jangan salah, ketiga model iPhone ini masih sangat diminati karena performa, kualitas kamera, baterai, serta fitur lainnya yang masih sangat mumpuni.

Di samping itu harganya pun saat ini terbilang cukup murah untuk kualitas yang didapatkan.

iPhone XR, XS, dan XS Max Apakah Masih Layak?


Kelayakan iPhone bisa dilihat dari kemampuannya, terutama dari sisi performa, kualitas kamera, baterai, dan fitur-fitur lainnya yang masih bersaing dengan iPhone atau smartphone terbaru lainnya saat ini.

Di Tahun 2022 saat postingan ini ditulis iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max masih tergolong sangat layak (worth it) tetapi ada juga beberapa hal yang membuatnya perlu dipertimbangkan lagi.

1. Desain

iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max sudah mengusung desain layar penuh dengan Notch dan Face ID. Tentunya desain ini sangat terlihat modern dan menyerupai iPhone lebih baru lainnya, sebut saja iPhone 11, 12, atau 13.

Meski begitu untuk iPhone XR dengan desain satu buah kamera mungkin bagi sebagian pengguna agak terlihat kurang terlihat keren, meski kualitas kameranya masih sangat baik.

Di sisi lain meskipun iPhone XS dan iPhone XS Max sudah mengusung dua buah kamera, namun desainnya juga sudah mulai tertinggal dan terlihat jadul seiring dengan perubahan desain kamera iPhone yang semakin membesar.

2. Performa

Ditenagai Chipset Apple A12 Bionic performa dari iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max masih sangat kencang untuk beragam kebutuhan aplikasi, game, bahkan untuk menjalankan beberapa iOS generasi terbaru yang akan datang.

3. Kamera

Dari kualitas kamera tentu masih sangat mumpuni dan dapat bersaing dengan iPhone atau smartphone terbaru lainnya.

Tetapi fitur pada kamera tentu tidak bisa terlalu banyak diharapkan. Fitur seperti Night Mode atau Ultra Wide hanya dimiliki oleh jajaran iPhone 11 dan lebih baru.

4. Baterai

Untuk baterai ketiga iPhone tersebut masih bisa cukup diandalkan untuk keperluan sehari-hari. Khususnya iPhone XR dan iPhone XS Max dengan ketahan baterai yang masih cukup tinggi.

Namun ingat, semakin tingginya kebutuhan kinerja aplikasi ataupun iOS generasi terbaru akan mempengaruhi daya baterai yang terasa semakin boros. Selain itu kondisi Battery Health (Kesehatan Baterai) yang rendah juga akan semakin memperparahnya.


5. Fitur Lainnya

iPhone XR, iPhone XS Max, dan iPhone XS masih memiliki segudang fitur canggih saat ini bahkan untuk fitur-fitur tambahan yang hadir di iOS versi terbaru.

Selain itu kualitas suara dari speaker, tampilan layar khususnya untuk iPhone XS dan iPhone XS Max, mikrofon, dan lain sebagainya, masih sangat bagus dan layak pakai untuk jangka waktu yang mungkin cukup lama.

iPhone XR, XS, dan XS Max Bisa Layak Dipakai Sampai Kapan?


Pada umumnya 3 tahun adalah batas maksimal bagi yang ingin membeli iPhone untuk digunakan jangka panjang atau sebagai HP utama. Selebihnya sudah tidak terlalu disarankan lagi.

Menurut pendapat Admin iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max di Tahun 2022 dan 2023 masih layak digunakan sebagai HP utama atau digunakan dalam jangka waktu yang agak panjang, selagi kondisinya masih sangat bagus terutama daya tahan baterainya.

Selebihnya di Tahun 2024 atau 2025 ketiga iPhone ini sudah tidak disarankan lagi untuk mulai digunakan sebagai HP utama. Mengingat performa, daya tahan baterai, dan fitur-fitur lainnya yang semakin lama semakin menurun tergerus usia.

Penutup...

Sebagai alternatif ketiga iPhone di atas, saat ini Admin lebih menyarankan iPhone 11 dengan harga yang cukup murah, usia pemakaian yang lebih lama, serta peningkatan kualitas keseluruhan yang terbilang cukup signifikan.

Jika ada dana lebih pertimbangkan iPhone 12 atau iPhone 13.

Semakin baru iPhone tentunya akan semakin layak iPhone tersebut digunakan khususnya untuk jangka panjang.