Penyebab Kamera iPhone Goyang atau Getar Sendiri

Tidak sedikit pengguna iPhone yang melaporkan bahwa kamera di iPhone mereka bergetar alias bergerak-gerak sendiri seperti tidak stabil. Di samping itu biasanya kamera juga akan mengalami kesulitan untuk fokus (blur).


Lalu apa penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Penyebab Kamera iPhone Goyang atau Getar Sendiri Disertai Blur (Tidak/Sulit Fokus)

Kamera iPhone yang goyang atau bergetar sendiri dan biasanya disertai sulit fokus (blur) umumnya disebabkan oleh kerusakan pada komponen kamera.

Kerusakan kamera seperti ini biasanya disebabkan oleh benturan keras pada iPhone yang berdampak ke kamera, entah itu karena baru saja terjatuh atau sudah sering terjatuh/terbentur sebelumnya.

Dari banyak laporan, iPhone yang paling rentan mengalami kerusakan seperti ini adalah iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Solusi Mengatasi Kamera iPhone Goyang/Getar Sendiri

Sebelum mengambil kesimpulan bahwa kemungkinan besar kerusakan diakibatkan oleh komponen kamera pada iPhone itu sendiri, kalian dapat mencoba mengikuti beberapa cara di bawah berikut untuk mengatasinya:

  • Restart iPhone
  • Bersihkan lensa kamera
  • Update ke iOS versi terbaru
  • Reset pengaturan iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil juga, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center aurhorized Apple di Indonesia atau jasa perbaikan terpercaya lainnya agar dapat dicek penyebab pasti kerusakannya dan solusi mengatasinya.