Cara Membuat Emoji di Status Bar iPhone (Samping Jam)

Seperti yang diketahui bahwa iOS adalah sistem operasi yang cukup tertutup sehingga sulit untuk melakukan beragam modifikasi tampilan di luar daripada fitur yang telah disediakan.

Namun begitu, terdapat banyak fitur bawaan iOS yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengubah tampilan iPhone agar menjadi lebih unik, salah satunya adalah menampilkan Emoji di status bar tepatnya di samping jam iPhone.


Bagi yang penasaran, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Menampilkan Emoji di Status Bar iPhone (Samping Jam)

1. Buka aplikasi Pengaturan lalu pilih menu Fokus

2. Selanjutnya tap pada icon "+" di pojok kanan atas kemudian pilih menu Khusus


3. Selanjutnya silakan masukkan nama Fokus (bebas) lalu pilih Emoji beserta warnanya yang nanti akan ditampilkan di status bar iPhone


4. Jika sudah tap Berikutnya

5. Kemudian karena di sini sebenarnya kita memanfaatkan fitur Fokus untuk membatasi pemberitahuan atau panggilan, silakan atur terlebih izin untuk panggilan atau pemberitahuan yang diminta (pengaturan hanya aktif saat profil fokus ini diaktifkan)


6. Terakhir silakan aktifkan Profil yang baru saja dibuat tadi dan lihat hasilnya


7. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkannya dapat dilakukan melalui Pusat Kontrol > Fokus atau melalui aplikasi Pengaturan > Fokus.

Selain di status bar, emoji tersebut juga tampil di lock screen atau notification center.

Penutup...

Cara-cara ini lebih sempurna lagi diterapkan, apabila kalian memang sering menggunakan fitur Fokus untuk membatasi panggilan atau notifikasi dari aplikasi di jam-jam tertentu.

Selain itu, kekurangan dari cara ini yakni emoji yang digunakan terbatas pada emoji yang telah disediakan oleh fitur Fokus saja.

Bagaimana menurut kalian?