Berapa Hz Layar iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max?

Semakin tinggi Refresh Rate semakin halus dan cepat juga animasi yang ditampilkan oleh layar. Umumnya 60 Hz (60 frame per detik/fps) adalah besaran Refresh Rate normal untuk kebanyakan layar smartphone saat ini.


Seiring dengan perkembangan teknologi besaran Refresh Rate pada layar ikut meningkat, sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang lebih menakjubkan saat menatap layar.


Nah, bagi yang penasaran, berapa Hz (refresh rate) sih, layar yang dimiliki oleh iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, ataupun iPhone 13 Pro Max?

Berapa Hz Layar iPhone 13, 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max?

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max adalah iPhone pertama yang dirilis oleh Apple dengan refresh rate pada layar hingga sebesar 120 Hz yang disebut juga oleh Apple sebagai teknologi 'ProMotion'.

Teknologi 'ProMotion' ini sebelumnya telah lama digunakan oleh Apple di iPad Pro.


Sayangnya untuk iPhone 13 dan iPhone 13 mini saat ini masih menggunakan layar dengan refresh rate standar sebesar 60 Hz.


Refresh Rate 120 Hz yang dimiliki oleh iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max akan mengubah pengalaman saat melihat tampilan animasi di layar, entah saat berpindah menu, membuka/menutup aplikasi, menyaksikan video, hingga bermain game.

Untuk urusan baterai kalian tidak perlu khawatir sebab iPhone akan menyesuaikan tingkat Refresh Rate antara 10 Hz-120 Hz mengikuti tampilan animasi/aplikasi. Sebagai contoh, apabila kalian menyaksikan video 30 fps maka layar akan turun ke 30 Hz, sehingga tidak ada daya yang terbuang karena layar selalu berada di 120 Hz.

Penutup...

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max telah menggunakan layar dengan Refresh Rate sebesar 120 Hz. Sedangkan iPhone 13 dan iPhone 13 mini menggunakan layar dengan Refresh Rate sebesar 60 Hz.

Perbedaan harga antara seri 'Pro' dan biasa/mini tentu akan lebih terasa salah satunya berkat perbedaan tingkat Refresh Rate pada layar tersebut.

Bagaimana menurut kalian?