Cara Menyalakan iPhone yang Sudah Lama Mati/Tidak Dicharge

iPhone yang sudah lama tidak dipakai atau disimpan biasanya tidak mau hidup saat akan dinyalakan lagi. Umumnya hal ini diakibatkan oleh pengosongan daya baterai yang telah terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Perlu diketahui bahwa meskipun iPhone dimatikan lalu disimpan bukan berarti daya baterainya tidak akan berkurang. Daya baterai tetap akan berkurang sedikit demi sedikit, meski dalam jangka waktu yang cukup lama, kira-kira sekitar 50% dalam waktu 6 bulan.

Lalu bagaimana cara menyalakannya kembali?

Menyalakan iPhone yang Sudah Lama Mati atau Tidak Dicharge


Cara 1: Untuk menyalakan iPhone kembali silakan charge dan biarkan hingga beberapa jam ke depan, jika perlu biarkan tetap dicharge seharian penuh. Apabila berhasil, iPhone akan menyala lagi dengan sendirinya.

Cara 2: Apabila tidak juga menyala, cara selanjutnya coba tekan dan tahan terus tombol Power/Lock (saat posisi iPhone masih dicharge) selama sekitar 20 detik.

Cara 3: Masih tidak menyala juga? coba lakukan metode Force Rertart berikut:

iPhone 8, X, XR, XS, 11, SE 2, 12, atau 13 dan lebih baru lainnya:
  • Tekan tombol Volume Atas lalu segera lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah lalu segera lepas
  • Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock sekitar 15 hingga 20 detik sampai iPhone menyala atau menampilkan logo Apple

iPhone 7 dan 7 Plus:
  • Tekan dan Tahan terus tombol Volume Bawah bersamaan dengan tombol Power/lock sekitar 15 hingga 20 detik sampai iPhone menyala atau menampilkan logo Apple

iPhone 6S, SE, 6, 5S atau lebih lama lainnya:
  • Tekan dan Tahan terus tombol Home bersamaan dengan tombol Power/lock sekitar 15 hingga 20 detik sampai iPhone menyala atau menampilkan logo Apple

Selain itu pastikan juga charger yang digunakan dalam kondisi berfungsi dengan baik.

iPhone Tidak Mau Hidup/Menyala Sama Sekali


Jika seluruh cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil, ada kemungkinan besar baterai di iPhone tersebut mengalami kerusakan karena terjadi kekosongan daya dalam waktu yang cukup lama.

Disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke authorized service center Apple atau layanan perbaikan iPhone yang sudah terpercaya lainnya, agar bisa dicek penyebab kerusakan serta untuk mendapatkan solusi mengatasinya.

Apabila kalian mau mengambil risiko, kalian bisa mencoba membongkar iPhone tersebut sendiri dan mengganti baterainya. Namun ingat, meski baterai merupakan penyebab umumnya, tidak ada jaminan iPhone bisa menyala lagi.

Penutup...

Bagaimana apakah cara-cara di atas sudah membuahkan hasil?

Untuk ke depannya apabila kalian ingin menyimpan iPhone dalam waktu yang cukup lama, disarankan untuk mengisi daya iPhone hingga sekitar 50% saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga baterai agar tidak cepat rusak. Selanjutnya, matikan iPhone dan simpan di tempat yang kering (jangan lembab).

Terakhir, ini adalah langkah yang paling penting, silakan charge iPhone hingga 50% setiap 6 bulan sekali. Hal ini untuk menjaga baterai iPhone serta komponen lainnya tetap terjaga agar tidak cepat mengalami kerusakan.