iPhone Apa Saja yang Kamera-nya ada 4?

Semakin meningkatnya fitur serta kualitas sebuah kamera, jumlah unit kamera yang ada pada smartphone tersebut ikut meningkat. Hal yang sama juga terjadi di iPhone bahkan iPad.

Nah, tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya, "iPhone berapa yang kameranya ada 4?".

iPhone yang Kameranya ada 4

Jika yang dimaksudkan adalah untuk kamera belakang saja, maka untuk saat ini belum ada satupun iPhone yang kameranya ada 4.

Lalu bagaimana dengan iPhone berikut, bukankah kameranya ada 4?

gambar iPhone 12 Pro Max

Banyak yang menyalah artikan bahwa iPhone di atas memiliki 4 kamera, padahal unit kamera yang sesungguhnya hanya ada 3.

Salah satu bulat hitam agak besar seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut, merupakan sensor LiDAR Scanner dan bukan unit kamera.


Selain untuk Augmented Reality (AR), sensor LiDAR Scanner digunakan oleh Apple untuk meningkatkan kualitas kamera iPhone terutama saat mengambil foto dalam keadaan gelap.

Berapa Kamera iPhone Terbanyak Saat Ini?

Saat ini jumlah kamera belakang terbanyak pada iPhone yakni berjumlah 3 unit yang terbagi antara kamera Wide (Lebar/Normal), Ultra Wide (Super Luas), dan Telephoto (Zoom).

Di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max kamera Ultra Wide digunakan juga untuk mengambil foto Macro.

iPhone dengan 3 kamera ini dapat ditemukan di:

  • iPhone 14 Pro Max
  • iPhone 14 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 11 Pro

Bagi yang ingin mengetahui jumlah unit kamera pada semua iPhone, bisa cek postingan berikut: Daftar iPhone dengan 1, 2, 3, atau 4 Kamera

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian? untuk ke depannya Apple bisa saja merilis iPhone dengan 4 unit kamera belakang. Namun hingga kini, kamera belakang iPhone terbanyak hanya berjumlah 3 saja.

Meski hanya 3, jangan salah, kualitas kamera iPhone mampu jauh mengungguli kamera smartphone lainnya dengan unit yang lebih banyak (Quality over Quantity).

Bagaimana menurut kalian?