Apa Arti VoLTE di iPhone?

Beberapa pengguna iPhone pasti pernah menemukan menu VoLTE dalam aplikasi pengaturan, tepatnya Pengaturan Seluler > Pilihan Data Seluler > Suara & Data.


Lalu sebenarnya apa itu VoLTE dan apa arti atau fungsinya?

Apa Arti VoLTE di iPhone?

VoLTE atau "Voice over LTE" adalah layanan panggilan telepon (voice call) dengan melalui jaringan data LTE (4G). Fitur ini berfungsi agar pengguna bisa mengakses internet dengan lancar sambil melakukan panggilan telepon.

Mengapa begitu? sebab umumnya saat melakukan panggilan telepon maka jaringan akan berpindah (fall back) dari LTE/4G ke UMTS/GSM. Hal ini menyebabkan pengguna kehilangan jaringan internet LTE/4G selama panggilan berlangsung.

Namun, dengan aktifnya layanan VoLTE hal tersebut tidak lagi terjadi. Alih-alih berpindah ke jaringan UMTS/GSM saat ada panggilan masuk, iPhone akan menggunakan jaringan LTE/4G.

Karena menggunakan jaringan LTE/4G, pengguna tetap bisa menggunakan jaringan internet dengan lancar selama panggilan berlangsung. Selain itu kualitas panggilan suara juga akan menjadi lebih jernih.

Apakah Perlu VoLTE iPhone Diaktifkan?

Sepertinya tidak perlu, tetapi jika fungsi dan kegunaan dari VoLTE ini ternyata penting untuk kalian. Silakan aktifkan menu VoLTE tersebut.

Tetapi jangan lupa juga untuk hubungi operator layanan seluler yang kalian gunakan, tujuannya untuk mengaktifkan atau memeriksa status layanan VoLTE agar dapat berfungsi dengan baik.

Selain itu bagi kalian yang seringkali menggunakan internet dari jaringan WiFi, sepertinya menu VoLTE ini tidak terlalu bermanfaat. Karena hal-hal di atas hanya berlaku sepenuhnya saat kalian menggunakan jaringan seluler.

Penutup...

Nah, bagaimana sudah tau kan fungsi dari VoLTE di iPhone?

VoLTE ini sendiri sebenarnya bukanlah menu khusus yang ada di iPhone saja, melainkan di banyak smartphone lainnya juga ada. Jadi sama seperti layanan 3G, 4G, atau 5G, VoLTE adalah fitur jaringan seluler yang juga membutuhkan dukungan dari operator layanan seluler yang kalian gunakan.

Oke, itu saja informasi seputar VoLTE yang ada di iPhone yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.