Apa Fungsi Screen Mirroring di iPhone dan iPad?

Saat mengakses Control Center tidak sedikit pengguna iPhone dan iPad yang penasaran dengan menu "Screen Mirroring" atau "Pencerminan Layar", contohnya seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut.


Lalu sebenarnya apa sih fungsi dari Screen Mirroring tersebut dan bagaimana cara menggunakannya?

Apa Itu Screen Mirroring di iPhone dan iPad? dan Apa Fungsinya?

Screen Mirroring atau Pencerminan Layar adalah menu yang digunakan untuk membagikan tampilan layar pada iPhone dan iPad ke perangkat layar lainnya melalui sambungan WiFi, khususnya ke layar atau perangkat sejenisnya yang dilengkapi dengan fitur AirPlay seperti Mac, Apple TV, atau Smart TV yang mendukung.

Jadi, pada intinya menu tersebut digunakan untuk menampilkan atau membagikan tampilan yang ada di layar iPhone dan iPad secara langsung ke layar di perangkat lainnya, seperti TV, Mac, atau Laptop.

Bagaimana Cara Menggunakan Screen Mirroring di iPhone dan iPad?

1. Cukup mudah, pastikan perangkat layar yang akan digunakan serta iPhone atau iPad terhubung dalam satu jaringan WiFi yang sama.

2. Jika sudah, silakan buka menu Screen Mirroring pada iPhone atau iPad dan pilih menu perangkat layar yang akan digunakan.

3. Apabila layar TV atau Mac menampilkan kode tertentu, silakan masukkan ke menu yang muncul di iPhone atau iPad.

Apabila tidak ditemukan, pastikan kalian perlu mengaktifkan atau mengizinkan fitur Screen Mirroring di pengaturan Smart TV atau perangkat yang kalian gunakan.

Kalian juga bisa dengan mudah menghubungkannya ke layar Laptop atau PC Windows melalui bantuan aplikasi tertentu seperti 3uTools (3uAirPlayer).


Bagaimana apakah sudah tahu fungsi Screen Mirroring di iPhone dan iPad?

Nah, apabila kalian masih bingung atau ada yang ingin ditanyakan seputar fitur Screen Mirroring, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya.