Cara Mengatasi Layar iPhone Tidak 120 Hz

Tidak sedikit pengguna yang melaporkan bahwa refresh rate layar di iPhone mereka yang sudah mendukung 120 Hz, tidak berjalan di 120 Hz melainkan hanya seperti di 60 Hz saja. Hal ini bisa diketahui dari animasi di layar yang tidak berjalan semulus saat 120 Hz.


Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara mengatasi layar iPhone yang tidak 120 Hz tersebut.

Kalau begitu langsung saja simak ulasan di bawah berikut ini.

Daftar iPhone yang Memiliki Layar 120 Hz

Ingat, saat ini tidak semua iPhone mendukung atau dilengkapi dengan refresh rate layar 120 Hz. Hanya iPhone dalam daftar berikutlah yang mendukungnya.

  • iPhone 14 Pro Max
  • iPhone 14 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone 13 Pro

Sebagai contoh saja, meskipun sama-sama satu generasi namun iPhone 13 dan iPhone 13 mini tidak memiliki layar 120 Hz seperti kakak-kakaknya atau seri premiumnya. Jadi, jangan salah sangka kalau iPhone 13 sudah 120 Hz semua ya.


Namun, berbeda cerita apabila iPhone kalian masuk dalam kategori salah satu iPhone yang telah memiliki layar 120 Hz. Jika begitu, langsung cek cara selanjutnya berikut ini.

Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Bagi yang merasa bahwa masalah ini terjadi secara tiba-tiba, mungkin Mode Daya Rendah adalah penyebabnya.

Mode Daya Rendah atau Low Power Mode sendiri berfungsi untuk menghemat penggunaan baterai. Saat diaktifkan mode ini akan mengurangi Refresh Rate layar iPhone ke 60 Hz saja, sebab layar 120 Hz cukup menguras banyak daya baterai saat aktif.

Jadi, silakan nonaktifkan Mode Daya Rendah melalui Control Center (tap icon baterai) atau melalui aplikasi Pengaturan > Baterai.

Ingat, saat Mode Daya Rendah aktif icon baterai di iPhone akan berubah menjadi warna kuning atau orange. Mode ini biasanya akan aktif secara otomatis ketika daya baterai turun menyentuh angka 20%.

Pastikan iPhone Tidak Membatasi Refresh ke 120 Hz

Tahukah kalian bahwa di iPhone terdapat pengaturan yang digunakan untuk membatasi Refresh Rate ke 60 Hz saja?

Nah, pastikan pengaturan tersebut tidak diaktifkan ya. Untuk memastikannya silakan ikuti cara-cara berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone
  2. Masuk ke menu Aksesibilitas > Gerakan
  3. Jika sudah pastikan menu "Membatasi Laju Bingkai" tidak dalam keadaan aktif. Jika memang aktif silakan dinonaktifkan.


Restart iPhone

Selanjutnya, coba restart iPhone dalam arti mematikannya kemudian menyalakannya kembali. Kalian bisa menggunakan metode Force Restart berikut untuk melakukannya dengan cepat.

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas
  3. Kemudian Tekan dan Tahan terus tombol Power/Lock hingga iPhone restart (saat tampil logo Apple segera lepas tombol yang ditekan)

Apabila disebabkan oleh "Bug" atau kesalahan sistem biasanya masalah ini akan langsung teratasi. Namun, apabila masih tidak bisa juga silakan lanjutkan cara di bawah berikut.

Update ke iOS versi Terbaru

Selain itu, coba juga untuk mengupdate versi iOS di iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Sama seperti melakukan restart, biasanya beragam masalah yang diakibatkan oleh Bug atau kesalahan sistem akan langsung teratasi.

Untuk update ke iOS versi terbaru silakan ikuti cara-cara di bawah berikut:

  1. Siapkan baterai lebih dari 50% atau hubungkan ke pengisian daya dan siapkan juga koneksi internet dari WiFi atau 5G
  2. Jika sudah langsung buka aplikasi Pengaturan dan masuk ke menu Umum > Pembaruan Perangkat Lunak
  3. Apabila tersedia silakan download dan install update iOS versi terbaru

Reset Pengaturan iPhone

Cara-cara di atas tidak membuahkan hasil? pertimbangkan untuk me-reset pengaturan iPhone kembali ke pengaturan awal/pabrik.

Tidak perlu khawatir, cara ini tidak akan menghapus data-data pribadi seperti foto, aplikasi, atau kontak. Hanya saja segala yang berkaitan pada pengaturan iPhone termasuk tata letak aplikasi dan widget, akan dikembalikan ke awal lagi.

Bagi yang tertarik mencoba, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut.

  1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone
  2. Lalu masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang
  3. Kemudian pilih menu "Atur Ulang Pengaturan" dan ikuti prosesnya hingga selesai

Solusi Terakhir...

Jika terdapat iPhone lainnya dengan layar 120 Hz bisa kalian coba jadikan sebagai perbandingkan. Mungkin, hanya perasaan kalian saja bahwa layar hanya berjalan di 60 Hz.

Tetapi bila masih tidak yakin juga, Admin menyarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center Apple untuk dicek lebih lanjut.

Selain itu, apabila iPhone dibeli dalam kondisi second silakan cek keaslian layar iPhone tersebut. Mungkin saja, layar iPhone sudah pernah diganti sebelumnya ke layar yang tidak asli.