Apakah Boleh iPhone Dicas Sampai 100%?

Kali ini Admin akan membantu menjawab pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh banyak pengguna iPhone. Yakni, Apakah Boleh iPhone Dicas Sampai 100%?

Sebab seperti yang kita ketahui sendiri bahwa banyak beredar kabar jika ngecas iPhone sampai 100% "katanya" dapat merusak komponen baterai.

Apakah hal tersebut benar?

Apakah Boleh iPhone Dicas Sampai 100%?


Tentu saja kalian boleh ngecas iPhone sampai 100% sehingga baterai nantinya dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama sampai perlu dicas lagi.

Meski begitu, memang ada sedikit dampak yang ditimbulkan dari ngecas sampai 100% ini. Bahkan Apple Sendiri pun memberikan fitur untuk mengurangi dampak tersebut.

Apa itu?

Dampak Ngecas iPhone Sampai 100%

Sebenarnya saat daya baterai berada di atas 90% atau bahkan sampai 100% (full penuh terisi), komponen baterai sendiri akan mengalami stress atau tekanan berlebih. Apabila daya baterai dibiarkan dalam waktu yang lama di angka yang tinggi tersebut, hal ini akan cukup berdampak buruk pada Kesehatan Baterai (Battery Health) iPhone.

Kesehatan Baterai iPhone yang menurun dapat menyebabkan baterai menjadi semakin boros, karena sedikit demi sedikit baterai akan kehilangan kemampuannya dalam menampung daya.

Meski begitu kalian sebenarnya tidak perlu terlalu khawatir, sebab dampak penurunan kesehatan baterai iPhone biasanya baru akan terasa setelah lebih dari 2 tahun penggunaan.

Pengisian Daya Optimal

Bukti yang menguatkan bahwa mengapa ngecas iPhone sampai 100% dapat mempercepat penurunan kesehatan baterai, datang dari fitur "Pengisian Daya Optimal" yang dimiliki oleh iPhone sendiri.

Pengisian Daya Optimal adalah fitur yang akan mempelajari kebiasaan kalian dalam mengisi daya, kemudian membatasi pengisian daya ke 80% di waktu-waktu tertentu, dan akan melanjutkannya kembali hingga penuh 100% pada waktu di mana kalian akan segera menggunakan iPhone tersebut lagi.

Sederhananya, iPhone akan membatasi ngecas daya baterai sampai 80% saja, dan akan melanjutkan ke 100% sesaat sebelum kalian terdeteksi akan menggunakan iPhone tersebut lagi.

Fitur ini biasanya ditujukan untuk kebiasaan ngecas dari malam sampai pagi, dalam arti ketika meninggalkan iPhone dicas semalaman.

Fitur ini sudah secara otomatis aktif dan dapat kalian temukan melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

Penutup...

Nah, bagaimana menurut kalian? kalau menurut Admin apabila kalian ingin menjaga kesehatan baterai mungkin membatasi ngecas sampai ke 80% saja adalah pilihan terbaik. Namun, kalau sedang dibutuhkan misalnya ingin bepergian, tentu jangan ragu untuk ngecas baterai sampai 100%.