Bisakah Melacak iPhone dengan IMEI atau Nomor Seri?

Setiap ponsel termasuk iPhone memiliki nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) yang berbeda-beda. Nomor IMEI ini umumnya digunakan untuk proses identifikasi perangkat oleh layanan penyedia jaringan.

Sedangkan Nomor Seri merupakan nomor unik yang dimiliki iPhone yang berisi identitas iPhone tersebut, termasuk untuk cek masa garansi.

Nah, tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya "apakah IMEI atau Nomor Seri bisa digunakan untuk melacak keberadaan lokasi iPhone?"

Apakah IMEI atau Nomor Seri Bisa Digunakan untuk Melacak iPhone?


Jawaban sederhananya tidak bisa, kalian tidak bisa melacak lokasi iPhone hanya dengan mengandalkan IMEI maupun Nomor Seri.

Alih-alih menggunakan IMEI atau Nomor Seri, cara untuk melacak iPhone paling tepat adalah dengan menggunakan layanan "Find My/Lacak" pada iCloud. Yakni pengguna cukup login ke website iCloud dengan akun iCloud yang ada pada iPhone, kemudian melacaknya dari sana.


Mencoba untuk Blacklist/Blokir IMEI


Apabila iPhone khususnya dalam status dicuri, kalian dapat mencoba melaporkannya ke pihak berwajib untuk meminta dilakukan pemblokiran IMEI jika memungkinkan.

Selain itu, apabila iPhone dalam status terikat kontrak dengan salah satu operator jaringan, kalian juga dapat menghubungi operator penyedia jaringan seluler tersebut untuk meminta pemblokiran IMEI.

Dalam kasus tertentu, mungkin saja pihak berwajib atau operator jaringan seluler dapat melacak keberadaan iPhone yang hilang.

Pemblokiran IMEI ini bertujuan agar perangkat yang hilang/dicuri tidak dapat digunakan atau terhubung ke jaringan. Selain itu perangkat akan ditandai atau berstatus sebagai perangkat hilang/dicuri.

Penutup...

Jadi, bagaimana? pada intinya, kalian sendiri tidak dapat melacak keberadaan iPhone dengan IMEI atau Nomor Seri.

Hal paling tepat yang dapat kalian lakukan adalah dengan melacaknya menggunakan Find My atau layanan Lacak. Sebab, akun iCloud (Apple ID) yang ada pada iPhone akan mengikat iPhone tersebut, sehingga kalian sebagai pemilik sahnya dapat melacak keberadaan iPhone bahkan menghapus data-datanya dari jarak jauh selama iCloud masih mengikat iPhone.