Cara Cek iCloud iPhone Kosong/Terkunci atau Tidak

Saat akan membeli iPhone khususnya dalam kondisi second/bekas, penting untuk memastikan bahwa iCloud pada iPhone tersebut sudah kosong alias iPhone tidak terkunci oleh iCloud. Jika tidak, maka ada kemungkinan besar bahwa iPhone tidak bisa terpakai sama sekali nantinya.


Apa itu iCloud?

Ketika kalian mengatur iPhone untuk pertama kalinya, iPhone akan meminta kalian untuk membuat atau login Apple ID.

Apple ID ini nantinya merupakan akun yang akan digunakan untuk mengakses beragam layanan di iPhone seperti menyimpan pembelian aplikasi, musik, podcast, hingga untuk mengakses layanan iCloud.

iCloud sendiri merupakan layanan yang digunakan untuk menyimpan data (backup) hingga melacak dan mengamankan iPhone.

Apa Akibat iPhone Terkunci iCloud?

iPhone yang telah terkunci iCloud tidak akan bisa dipakai sama sekali, sebab iPhone akan terus meminta untuk memasukkan Apple ID guna memverifikasi kepemilikan iPhone tersebut.

iPhone dalam kondisi seperti ini tidak jarang merupakan iPhone milik orang lain yang tidak sengaja ditemukan atau mungkin hasil curian. Sebab, pengguna aslinya dapat mengunci iPhone tersebut dengan iCloud dari jarak jauh.

Cara Cek iCloud iPhone Kosong/Terkunci atau Tidak

Ingat! apabila kalian telah berhasil membuat dan login Apple ID kalian sendiri di iPhone tersebut, hal ini sudah menandakan bahwa iPhone tersebut bebas atau tidak terkunci oleh iCloud milik orang lain. Cara-cara di bawah mungkin sudah tidak diperlukan tak terkecuali untuk mengetahui atau mencegah kalau misalnya iPhone tersebut merupakan hasil Bypass.

Namun, apabila iPhone masih dalam kondisi belum diatur, berikut cara cek apakah iPhone tersebut terkunci iCloud atau tidak.

1. Saat Pengaturan Awal iPhone

Ciri-ciri utama dan paling mudah untuk mengetahui iPhone terkunci iCloud adalah iPhone akan meminta untuk login Apple ID untuk melanjutkan proses pengaturan awal. Namun ingat, bukan login Apple ID baru melainkan login Apple ID yang sudah ada sebelumnya (milik orang lain) yang mengunci iPhone tersebut.


Tetapi jika tidak, dalam arti kalian bisa membuat kemudian login Apple ID baru dan melanjutkan pengaturan hingga selesai. Itu pertanda bahwa iCloud pada iPhone tersebut telah kosong sebelumnya alias tidak terkunci.

2. iPhone Sudah Masuk ke Menu Utama (Sudah Melewati Pengaturan Awal)

Sedangkan apabila iPhone sudah masuk ke menu utama alias sudah melewati pengaturan awal, silakan buka aplikasi "Pengaturan" lalu cek pada menu bagian paling atas apakah terdapat akun Apple ID orang lain yang tidak diketahui atau tidak.


Apabila ada akun Apple ID yang tidak diketahui maka akun tersebut harus segera dikeluarkan. Jika tidak, iPhone berisiko terkunci oleh iCloud tersebut.

Namun, jika tidak ada atau kalian diminta untuk login Apple ID, maka pertanda iCloud pada iPhone tersebut sudah kosong.


Cara Memastikan iCloud telah Kosong atau iPhone Tidak Terkunci iCloud

Nah, untuk memastikan dengan baik bahwa iPhone tersebut telah bebas dari iCloud pemilik sebelumnya. Kalian bisa me-reset iPhone tersebut ke pengaturan pabrik. Namun ingat, me-reset iPhone artinya seluruh data-data pada iPhone misalnya foto, kontak, atau aplikasi yang sudah ada sebelumnya, akan dihapus total menyisakan aplikasi bawaan iPhone.

Cara ini cukup ampuh untuk membuktikan bahwa iCloud pada iPhone benar-benar telah kosong, sebab untuk me-reset iPhone ke pengaturan pabrik pengguna akan diminta untuk login Apple ID yang ada pada iPhone tersebut sebelum melanjutkannya.

Selain itu cara ini juga dapat dilakukan untuk membuktikan bahwa iPhone tersebut bukan lah iPhone hasil Bypass.


Kalau begitu, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk me-reset iPhone ke pengaturan pabrik.

Cara Reset iPhone ke Pengaturan Pabrik

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Lalu masuk ke menu Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone

3. Kemudian pilih Hapus Konten & Pengaturan


Apabila berhasil di-reset ke pengaturan pabrik alias menjadi baru kembali, kemudian iPhone bisa melewati pengaturan awal tanpa masalah dan bisa login Apple ID milik kalian sendiri, maka itu tandanya bahwa iPhone tersebut tidak terkunci oleh iCloud sama sekali sebelumnya.

Namun, dalam kondisi tertentu apabila setelah me-reset iPhone dan dalam proses pengaturan awal iPhone meminta untuk login ke Apple ID milik orang lain, maka ada kemungkinan besar bahwa iPhone tersebut merupakan "iPhone Bypass".

Penutup...

Nah, bagaimana mudah, bukan? pada intinya saat pertama kali membeli iPhone second/bekas ada baiknya untuk me-reset iPhone tersebut terlebih dahulu ke pengaturan pabrik. Hal ini untuk mencegah kemungkinan apabila iPhone tersebut masih terkunci iCloud atau merupakan iPhone hasil Bypass.

Setelah reset pabrik selesai dan kalian bisa mengatur iPhone seperti biasa alias login pakai Apple ID kalian sendiri. Maka, sudah bisa dipastikan kalau iPhone tersebut sudah terbebas dari iCloud sebelumnya.